8 Tips Terbaru Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly Yang Belum Banyak Di Ketahui


Saya yakin banyak rekan rekan blogger banyak yang pandai menulis artikel dengan lancar, juga bahasa yang bagus, akan tetapi untuk menulis artikel Berkualitas SEO Friendly saya rasa masih banyak yang belum mengetahui secara penuh, Artikel yang di buat dengan menggunakan prinsip-prinsip penulisan SEO Friendly akan sangat baik bagi pembaca, dan artikel berkualitas SEO Friendly akan cenderung  mudah terindex mesin pencarian, 
Untuk mengimbangi perkembangan Update algoritma Google yang terbaru tentu pola penulisan SEO Friendly  harus sangat kita pertimbangkan guna menjadikan blog yang kita bangun senantiasa tidak ketinggalan oleh update algoritme terbaru yang di kembangkan oleh google.
Adapun beberapa 8 tips penulisan artikel SEO Friendly yang akan saya bahas pada posting saya kali ini adalah :

1. Pilih  Judul Menarik Minat Klik
Untuk informasi terbaru, kini Google membatasi Title tag pada SERP menjadi 600px, dan jumlah karakter tergantung tanda baca hurup besar atau kecil dan spasi,
Jadi saat menulis artikel pastikan judul yang dibuat dapat terindex oleh search engine kalimat sederhana mudah di mengerti dan enak di baca, sebab yang dilihat terlebih dahulu oleh pembaca adalah judul , usahakan ketika pengunjung membaca bagian awal dari  judul mereka sudah dapat menafsirkan apa lanjutan kelanjutan dari judul posting yang anda buat.
Jika judul yang di buat terkesan kaku dan tidang mengundang klik, maka ini akan berpengaruh pada CTR di SERP posisi blog di page one tapi kok tidak ada yang mengunjungi situsnya, bisa saja pihak google nantinya akan beranggapan bahwa ada yang tidak beres pada artikel yang kita buat.
Jadi buatlah judul yang lues bila perlu singkat tapi mencakup pokok pembahasan yang sedang anda bagas dalam artikel anda.

2. Utamakan Pengalam Pengguna (User experience)
Ini merupakan bagian penting dalam menulis artikel berkualitas SEO Friendly, mengapa demikian, karena ini adalah salah satu metode dimana ide pembahasan artikel bukan mutlak dari pemikiran kita, akan tetapi bersifat tanggapan atau respon terhadap sebuah artikel yang mereka baca, serta apa yang sebenarnya mereka inginkan, nah di sini kita dapat menulis sebuah artikel berkualitas SEO Friendly berdasarkan minat pengguna, jadi kemungkinan klik pada artikel situs menjadi lebih besar. 
Jadi sebagus apapun kita menulis tapi jika tidak memperhatiakn User experience maka kemungkinan kita tidak mendapat kunjungan yang maksimal.
Jadi intinya kita benar-benar menyajikan konten berkualitas dan menjadikan pengguna sebagai sasaran yang utama yang betah membaca setiap konten yang kita sajikan.
Selain Artikel yang berkualitas masih banyak lagi poin-poin yang masuk dalam kategori User experience.
Diantaranya Adala:

  • Kenyamanan menggunakan navigasi
  • Desain blog yang simpel dan terlihat profesioanal
  • Ukuran font yang enak di baca
  • Responsif
  • Ringan dan semua halaman mudah di akses
  • Minim kesalahan pada ejaan kata.
  • dan banyak lagi yang lainnya.
3. Penulisan Arikel Yang Panjang
Artikel yang panjang mungkin baik bagi google, tapi artikel yang memberi kenyamanan pengguna juga akan lebih baik bagi pembaca.
Jadi apakah artikel yang kita sajikan harus panjang lebar ?
Nah ini tergantung dari topik pembahasan, jika memerlukan detail yang lebih rinci mungkin saja artikel yang di buat akan panjang, tapi ingat walaupun kita membuat artikel yang panjang tetapi artikel kita tidak melupakan poin user experiencenya juga, artikel panjang berkualitas dan memuat pemaparan yang di butuhkan pengguna mungkin ini sangat baik, tetapi jika panjangnya hanya untuk memenuhi standar SEO saja ya artikel kita akan kurang efektif juga.
Jadi boleh-boleh saja kita membuat artikel yang panjang, tetapi haruslah tetap dalam konteks topik pembahasan secara lengkap, menyeluruh dan selesai.

4. P
enggunaan Keyword Pada Judul Artikel
Hal ini sangat penting untuk di lakukan karena hal ini akan menentukan nasib artikel kita di SERP,Sebab elemen yang pertama di crawl Google, dengan melengkapi element ini google tepat sasaran dalam memunculkan keyword judul artikel yang anda buat.
Tetapi jika anda justru di repotkan dengan hal ini , abaikan saja, daripada anda salah membuat keyword  dan berujung pada kalimat yang aneh maka abaikan saja, karena pada blogger sistem ini sudah secara otomatis tersusun menyesuaikan judul artikel yang di posting.
5.Mengunakan Internal Linking
Penerapan  Internal Linking adalah, salah satu cara untuk menghubungkan artikel lain yang berkaitan dengan posting  yang tengah kita bahas di sebuah artikel, dan kita akan mengarahkan user experience  menuju artikel kita yang lain yang masih ada di dalam website kita dan berkaitan, jadi pembuatan internal linking ini harus kita buat se relevan mungkin dengan topic yang kita bahas, sehingga ini akan sangat memudahkan pengguna dalam mengakses segala yang dibutuhkan oleh pengguna atau user experience, mengenai jumlah internal linking ini sepertinya di sesuaikan saja, jangan terlalu berlebihan karena justru akan merepotkan pengguna. Boleh dibuat lebih dari 5 tetapi harus sesuai dengan banyak nya posting yang sedang kita bahas, Hal ini selain baik untuk user experience, dari sisi SEO, internal linking akan saling berkaitan satu dengan yang lain.

6. Kurangi Bold, Italic, Underline 
Kurangilah penulisan artikel dengan menggunakan garis tebalgaris miring dan garis bawah, yang berlebihan, sebab tujuan utama penggunaan nya hanya untuk bagian bagian yang kita rasa penting, tujuannya untuk membantu mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di dalam artikel kita, penggunaan yang berlebihan justru akan mengganggu user experience walau pun pada segi penguatan keyword ini baik, 
Jadi sebaiknya gunakan  Bold, Italic dan Underline dengan wajar-wajar saja, agar user experience merasa betah berlama-lama membaca artikel di blog anda, tanpa mengalami sakit mata atau pun yang lainnya.
7. Optimalkan Penggunaan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Anda dapat menggunakan kata kunci LSI yang cenderung mendekati atau masih berhubungan dengan keyword utama.
Misalkan anda sedang membuat artikel yang membahas tentang tips menulis artikel SEO friendly jadi anda setidaknya menambahkan istilah-istilah seperti : blog, search engine template, Google, plugin dan istilah-istilah lain yang relevan  , tentunya dengan memperhatikan kualitas tulisan dan juga tetap enak untuk dibaca.Untuk menemukan keyword LSI Anda dapat menggunakan Google Suggestion atau Autocomplete, Google Related Search .
8. Meengarahkan External Linking ke Authority Site yang Relevan
Ada yang salah persepsi bahwa dengan memberi link keluar maka menjatuhkan reputasi website milik kita, padahal selama external link Anda ke web-web authority relevan dengan topik tulisan ini tidak menjadi masalah, justru banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Dan ini tidak akan memperburuk web anda,dan pihak Google sendiri  justru akan  melihat web Anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web yang sudah di percaya.

Demikian artikel 8 Tips Terbaru Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly Yang Belum Banyak Di Ketahui semoga bermanfaat bagi pembaca di manapun berada, anda jangan puas dengan sedikit yang saya berikan ini, mari kita terus belajar dan belajar, anda dapat mencari reverensi-reverensi lain yang banyak di bahas di berbagai media online, semoga pengetahuan kita bisa bertambah lebih banyak lagi, dan akan membawa manfaat bagi kita dan orang lain, terima kasih semoga bermanfaat.
AdSense

0 Response to "8 Tips Terbaru Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly Yang Belum Banyak Di Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel