Dasar-dasar Pengembangan Soal HOTS,MOTS dan LOTS Pada Kurikulum 2013 Di Tingkat SD
31 January 2018
Add Comment
Sahabat Media
Edukatif di manapun berada, posting saya kali ini akan mengangkat mesalah
Dasar-dasar Pengembangan Soal HOTS,MOTS dan LOTS Pada Kurikulum 2013 Di
Tingkat SD baiklah langsung saja.
Sebelumnya
Apasih Pengertian HOTS?
HOTS adalah
sebuah kemampuan berpikir
kritis yang tidak sekadar mengingat,menyatakan
kembali , atau merujuk tanpa melakukan pengolahan.
Kompetensi Yang Diharapkan Meliputi:
1. Meningkatnya pemahaman guru SD tentang konsep penyusunan soal HOTS untuk Pendampingan Kurikulum 2013.
Hal yang
medasari penerapan model asesmen Higher Order Thinking Skills
(HOTS) untuk menyesuaikan prkembangan global yang terus berubah,
Adapun Kecakapan Abad 21 yang dibutuhkan adalah :
A.Kualitas Karakter
Bagaimana menghadapi lingkungan yang terus
berubah
Meliputi :
1.
Iman & taqwa
2.
Rasa ingin tahu
3.
Inisiatif
4.
Gigih
5.
Kemampuan beradaptasi
6.
Kepemimpinan
7.
Kesadaran sosial dan budaya
B.Kompetensi
Bagaimana mengatasi tantangan yang
kompleks
Meliputi :
1.
Berpikir kritis/memecahkan masalah
2.
Kreativitas
3.
Komunikasi
4.
Kolaborasi
C.Literasi Dasar
Bagaimana menerapkan keterampilan inti
untuk kegiatan sehari-hari.
Meliputi :
1.
Baca tulis
2.
Berhitung
3.
Literasi sains
4.
Literasi informasi teknologi dan komunikasi
5.
Literasi keuangan
6.
Literasi budaya dan kewarganegaraan
Berdasarkan
Hasil PISA 2012: mayoritas siswa usia 15 tahun belum memiliki literasi dasar
membaca, Matematika75% siswa di bawah kompetensi minimum dan
Sains 56% siswa di bawah kompetensi minimum.
Dan akan
berakibat Anak-anak kita tidak akan berdaya saing bila di sekolah mereka tidak
dilatih kecakapan hidup abad 21, misalnya: untuk membuat perbandingan, membuat
penilaian data, berpikir kritis, membuat kesimpulan, memecahkan masalah dan
menerapkan pengetahuan mereka pada konteks kehidupan nyata serta pada situasi
yang masih asing
Adapun Proses Kognitif Bloom Yang Harus Di
Miliki
1.
Mengingat, dalam artian mengambil pengetahuan yang relevan dari ingatan
2.
Memahami, dalam artian membangun arti dari proses pembelajaran,
termasuk komunikasi lisan, tertulis, dan Gambar
3.
Menerapkan, dalam artian melakukan atau menggunakan prosedur di
dalam situasi yang tidak biasa
4.
Menganalisis , dalam artian emecah materi ke dalam
bagian-bagiannya dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan
antarbagian dan ke struktur atau tujuan keseluruhan
5.
Menilai , dalam artian embuat pertimbangan berdasarkan kriteria
atau standar
6.
Mengkreasi, dalam artian berusaha menempatkan unsur-unsur secara
bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional,
menyusun kembali unsur-unsur dalam bentuk pola atau struktur baru .
Beradasaekan
sumber Dispendik ada 3 Level Kognitif, yaitu :
1. Pengetahuan dan Pemahama
Karakterisik Soal :
Mengukur
pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural.
2.Aplikasi
Karakterisik Soal :
1.
Menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu
pada konsep lain dalam mapel yang sama atau mapel lainnya;
2.
Menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu
untuk menyelesaikan masalah kontekstual (situasi lain).
3.Penalaran
Karakterisik Soal Menggunakan penalaran dan logika untuk:
1.
Mengambil keputusan (evaluasi)
2.
Memprediksi & Refleksi
3.
Menyusun strategi baru untuk memecahkan masalah
Dimensi Proses Kognitif
Baca Juga :
Bentuk Bimbingan PSIKO-EDUKATIF Di Sekolah Dasar
Dimensi Proses Kognitif
I.
Soal-soal HOTS mengukur kemampuan:
1.
Transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2.
Memproses dan menerapkan informasi,
3.
Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4.
Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
5.
Menelaah ide dan informasi secara kritis.
II.
Karakteristik Soal HOTS
1.
Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami
2.
Berbasis permasalahan kontekstual;
3.
Stimulus menarik;
4.
Tidak Familiar
5.
Kebaruan
III. Beberapa
Tantangan:
Menjabarkan KD
Menjadi IPK dan Indikator Soal
Esensi IPK:
1.
Menentukan tujuan pembelajaran
2.
Menentukan materi pelajaran (faktual, konseptual, prosedural,
metakognitif)
3.
Menentukan langkah-langkah pembelajaran
4.
Menentukan media dan sumber belajar
5.
Menentukan bentuk instrumen penilaian
Cara Menyusun stimulus HOTS
a. Pilihlah beberapa informasi dapat berupa
gambar, grafik, tabel, wacana, dll yang memiliki keterkaitan dalam sebuah
kasus.
b. Stimulus hendaknya menuntut kemampuan menginterpretasi,
mencari hubungan, menganalisis, menyimpulkan, atau menciptakan.
c. Pilihlah kasus/permasalahan konstekstual dan menarik
(terkini) memotivasi peserta didik untuk membaca. Pengecualian untuk mapel
Bahasa, Sejarah boleh tidak kontekstual.
d. Terkait langsung dengan pertanyaan (pokok soal),
berfungsi.
Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
1.
Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
2.
Menyusun kisi-kisi soal.
3.
Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
4.
Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi
soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir
soal.
5.
Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
Tips Menyusun Soal HOTS
1.) Gunakan
Konteks Dunia Nyata Catatan Penyajian kasus nyata memungkinkan proses
menelaah informasi
2.) Berikan
Pertanyaan yang terkait analisa visual Catatan Melalui analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya
lebih tinggi,
3.) Tanyakan
alasan dari jawaban yang diberikan, contoh Abad 21 adalah
abad teknologi informasi, arus informasi yang begitu deras bisa berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, misalnya kejadian perkelahian antarsiswa yang berbeda suku bangsa di suatu sekolah yang belum dapat dibuktikan kebenarannya, diunggah seorang pelajar
di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas
sehingga memicu konflik antar suku bangsa, oleh karena itu, pembatasan penggunaan media
sosial harus diterapkan kepada semua pelajar, setujukah kamu dengan
pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4.) Gunakan
Bentuk Soal yang Beraga Misalnya pilihan ganda dan uraian.
Baca Juga :
Contoh Soal Kognitif Penalaran
Kompetensi Dasar:Membandingkan siklus hidup beberapa jeni makhluk
hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
Materi:Pertumbuhan hewan
Kelas/Semester:IV/2
Indikator Soal: Disajikan siklus daur hidup hewan tertentu, siswa dapat
menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi jika suatu fenomena kegiatan manusia
mempengaruhi siklus tersebut.
Level Kognitif: 3 (menganalisis-C4)
Soal :
Apa yang akan
terjadi terhadap siklus pertumbuhan kupu-kupu apabila kebutuhan kain sutra
meningkat dengan tajam?
Kunci : Kebutuhan kain sutra yang meningkat mengakibatkan
kebutuhan ulat sutra meningkat sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah
populasi kepompong dan kupu-kupu. Lambat laun kupu-kupu bisa punah.
Demikinlah
informasi yang saya postingkan kali ini, semoga bermanfaat Salam Media
Edukatif.
0 Response to "Dasar-dasar Pengembangan Soal HOTS,MOTS dan LOTS Pada Kurikulum 2013 Di Tingkat SD"
Post a Comment