Cara Menggambar Menggunakan Shapes Microsoft Office Word

Sahabat Media Edukatif dimanapun berada, bagaimana kabar sobat semua, semoga dalam keadaan baik, kali ini saya akan coba memberikan trik membuat gambar dengan menggunakan program Microsoft Office Word.


Mungkin diantara sobat semua ada yang sudah menegetahui cara membuat gambar menggunakan Shapes pada Office Word ini, dan biasanya cara ini sering digunakan oleh Bunda yang mengajar sekolah PAUD atau TK.

Bagia para sobat yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya, saya akan memberikan beberapa point penting yang perlu sobat lakukan untuk membuat gambar menggunakan program Office Word yang secara umum sudah terinstal pada Laptop atau PC sobat semua.
Sobat bisa menggunakan Office Word 2007 , Office Word 2010 ataupun versi yang lebih tinggi lagi, pada tutor ini saya menggunakan Office Word 2010.

Baiklah langgsung saja.
Pertama silahkan sobat buka program Office Word sobat dan saya akan memberikan poin-poin penting  yang digunakan untuk menggambar, sobat nanti bisa mengembangkan lagi sesuai dengan bakat dan minat sobat.

Tools Shapes
Adapun Tools  yang digunakan untuk membuat gambar adalah yang pertama Shapes , Shapes ini berisi berbagai macam bentuk-bentuk icon yang kita gunakan untuk membuat gambar seperti di atas, untuk mengetahui nama dan bentuk bentuk Shapes silahkan klik DISINI, untuk mengambil tools ini klik Insert > Shapes seperti di bawah ini :


Drawing Tools

Adapun kegunaan Drawing Tools ini adalah; sebuah tools yang berisi alat yang dapat digunakan untuk mewarnai gambar icon, dan untuk memuncul kan  Tools ini, sobat harus menampilkan atau memilih salah satu icon yang ada di Shapes, cara memunculkannya  dengan cara seperti di atas, lalu klik kiri salah satu icon kemudian klik kiri lagi di page, maka Drawing Tools akan muncul seperti gambar di bawah ini, dan anda dapat merubah bentuk bentuk icon sesuai dengan keperluan dengan cara klik kiri tahan lalu pada sisi ikon dan geser, penjelasan gambar di bawah.

Nomor 1 Shape fill berisi  pilihan warna pilihan sendiri, No 2 Shape Outline yang berisi macam macam garis tepi dan warna, No 3 Berisi Drawing Tools format, yaitu berisi bentuk garis tepi warna dan effects otomatis, anda tinggal memilih sesuai selera.

Tknis Pembuatan

Saya akan contohkan membuat pohonnya terlebih dahulu dengan cara mengambil icon bentuk persegi panjang seperti di bawah.
Saya memilih warna coklat pada Shape fill Shape garis tepinya saya hilangkan dengan mengklik Shape Outline > No Outline maka bentuk gambar seperti di bawah ini:

Lalu saya ambil icon bentuk explosion 2 dan saya meletakkannya di bagian atas persegi panjang, karena warna daun masih biru, lalu saya merubah warna daun pada Drawing Tools format dan saya merubah nya menjadi warna hijau, untuk memperbanyak daun silahkan klik daun berwarna hijau lalu tekan dan tahan ctrl+alt dan geser daun nya dan lepaskan ctrl+alt dan mouse nya, lakukan dengan cara yang sama untuk menggandakan bagian yang lain, untuk memindahkan icon yang ada di belakang supaya berpindah ke depan caranya klik pohon berwarna coklat lalu klik ctrl+x lalu gambar pohon akan hilang lanjutkan dengan  ctrl+v dan pohon akan berpindah jadi di depan,untuk memindahkan pohon beserta daun nya klik dan tahan ctrl lalu klik semua icon daun, dan pohon kemudian lepaskan ctrl nya dan klik kiri mouse pada gambar  lalu geser, lalukan hal yang sama untuk yang lainnya,
Nah itulah dasar-dasarnya dan silahkan anda berkreasi mengembangkannya.

Baik ini saja yang dapat saya bagikan buat sobat Media Edukatif,  terimakasih sudah berkunjung dan sebagai hadiah saya akan berikan file asli dari gambar  yang  saya buat seperti di paling atas, silahkan unduh dan lihat seperti apa gambar asli nya yang ada di dalam file office word buatan saya, mungkin dengan memperhatikan nya anda akan mudah dalam memahaminya, silahkan klik link di bawah ini untuk mengunduh file nya.

file Office Word Cara Menggambar

Terimakasih sudah berkunjung, selamat berkreasi dan semoga bermanfaat, salam Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Cara Menggambar Menggunakan Shapes Microsoft Office Word"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel