Mengenal Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan Pada Media Elektronik
21 April 2018
Add Comment
Bahasa Iklan Pada Media
Elektronik
Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan
di televisi
sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut
unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu ;
• Suara
Suara
dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan atau tumbuhan,
musik, atau sekadar efek suara.
• Gambar
Gambar
dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan
produk tersebut.
• Gerak
Gambar
bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
• Tulisan
Tulisan
yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu ;
Iklan
radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat
berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara
(suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).
3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu ;
• Suara
Iklan
di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.
• Gambar
Gambar
dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa rang yang menggunakan
produk tersebut.
• Tulisan
Tulisan
yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
• Gerak
Baik
gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak
dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi. Ciri-ciri
bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan
di media cetak, yaitu ;
•
komunikatif,
•
informatif,
•
mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
•
menarik perhatian, dan
•
mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang
ditawarkan.
Demikian semoga bermanfaat dan salam METIF Media Edukatif.
0 Response to "Mengenal Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan Pada Media Elektronik"
Post a Comment