Panduan Dasar Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah merupakan merupakan pendekatan karakter berdasarkan peraturan Presiden RI No.87 Tahaun 2017, dan sesuai dengan instruksikan Mendikbud dimana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) secara umum diperuntukan bagi setiap jenjang pendidikan terkhusus yang sudah menjalankan kurikulum 2013, sehingga diharpkan  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat mendukung terwujudnya penerapan Kurikulum 2013 disetiap satuan pendidikan masing-masing.

Didalam penerapan Kurikulum 2013, adapun standard persentease penerapan PPK ditiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut ;

1.     Jenjang Sekolah Dasar (SD) 70%
2.     Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) 60%
3.     Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 40%

Dan Kemdikbud Telah Menggelar Bimbingan Teknis Tentang Penerapan Ppk Di Kurikulum 2013 Di Sekolah-Sekolah, dan bimbingan tersebut meliputi instruktur bagi Tim Pengembang Kurikulum (TPK) di Kabupaten/Kota) dan sasaran Bimtek kepada 5.230 orang, sedangkan guru sasaran di TPK adalah memiliki jumlah sekitar 64.939 orang yang terdiri dari 9.328 sekolah.

Berikut Penjelasan Tentang pengertian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

1.     Pengertian Penguatan Pendidikan Karakter
Penguatan Pendidikan Karakter didefinisakn sebagai salah satu program pendidikan di sekolah yang memiliki tujuan memberi penguatan karakter kepada siswa secara individu, dan harmonisasi yang dilakukan untuk Penguatan Pendidikan Karakter ini adalah meliputi Harmoni olah hati(etika), olah rasa(estetika), olah fikir (estetika) Serta olah raga (kinestetik).

Untuk mewujudkan keberhasilan dalam mewujudkan Penguatan Pendidikan Karakter ini harus melibatkan melibatkan kerjasama dengan lapisan-lapisan antar sekolah, keluarga serta masyarakat.

2.     Keharusan Yang Harus Dilakukan Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Meliputi ;
* Membangunan 5DM dan (4C) Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation yang merupakan pondasi utama pembangunan karakter bangsa.

* Keterampilan yang harus di miliki oleh siswa adalah mengacu kepada Keterampilan abad 21  meliputi: kualitas, karakter, literasi dasar, dan kompetensi, guna mewujudkan keunggulan bersaing Generasi Emas 2045,
lebih ditekankan pada pendekatannya pada kondisi kondisi degradasi moralitas, etika, serta budi pekerti.



AdSense

0 Response to "Panduan Dasar Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel