Fungsi dan Keunikan Alat Musik Provinsi Sumatra Selatan Akordeon

Alat Musik Provinsi Sumatra Selatan Akordeon 


METIF Media Edukatif-Akordeon adalah alat musik tradisional khas Sumatra Selatan, seperti apa fungsi serta keunikan dari alat musik ini, mari kita simak penjelasannya berikut ini :

Akordeon adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara digendong pada bagian leher pemain musiknya, dan posisi Akordeon ini terletak di bagian depan dada hingga bagian pinggang.

1.     Cara Memainkan Akordeon
Cara memainkan alat musik ini tergolong unik, alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua tangan, pada bagian tangan satu berfungsi sebagai pengatur sebuah alunan lagu atau suara yang di bawakan, sedangkan untuk tangan satu lagi sebagai pengatur nada, secara jelasnya tangan kiri menekan tombol-tombol akord, saat memainkan alat musik ini akord di gerak gerakkan maju mundur untuk menarik dan menghembuskan udara yang di jadikan sebagai bahan menggerakan lidah akordeon yang dapat menghasilkan bunyi.  sedangkan melodi yang di bawakan di mainkan dengan tangan kanannya.

Alat musik tradisional Sumatra Selatan Akordeon ini harus di mainkan dengan posisi badan yang benar, posisi pemain alat ini alangkah baiknya berposisi berdiri tegak,atau duduk tegak, dan saat memainkan jadikanlah dada sebagai tumpuannya.

2.     Bahan Pembuatan Alat Musik Akordeon
Alat Musik Akordeon terbuat dari berbagai bahan, baik itu modern maupun tradisional, untuk bagian kotak nya biasanya terbuat dari bahan kayu, bellow, serta palet, pada bagian dalam kotak terdapat sebuah rongga yang menghasilkan suara akordeon, sedangkan palet berfungsi mengontrol keluar dan masuknya udara ke dalam akordeon tersebut, dan  bellow merupakan komponen yang dominan sehingga dapat menghasilkan kevakuman serta tekanan udara yang bergetar dan  menghasilkan suara serta nada-nada.

3.     Kegunaan Alat Musik Akordeon
Kegunaan atau Fungsi alat Musik Akordeon adalah sebagai alat musik untuk mengiringi musik-musik religius serta musik modern lainnya, di Sumatra selatan alat musik ini acap kali  digunakan untuk mengiringi musik-musik religius serta lagu-lagu melayu Sumatra Selatan.


Demikianlah Penjelasan Tentang alat musik Provinsi Sumatra Selatan Akordeon ini, semoga bermanfaat dan salam METIF Media Edukatif.



AdSense

0 Response to "Fungsi dan Keunikan Alat Musik Provinsi Sumatra Selatan Akordeon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel