Fungsi, Bagian-bagian, Cara kerja dan Cara Merawat Indra Pendengaran

Fungsi, Bagian, Cara kerja dan Merawat Telinga

A. Bagian-bagian Indra Pendengaran/Telinga
a. Telinga Bagian luar
Sahabat METIF-Media Edukatif di manapun berada, Telinga luar adalah bagian telinga manusia yang berada di bagian luar. Adapun telinga luar tersebut terdiri dari pinna atau (daun telinga) dan lubang telinga atau meatus auditorius eksternus , dan juga gendang telinga atau membran timpani.
Fungsi daun telinga adalah untuk membantu mengarahkan suara ke dalam lubang telinga untuk menuju ke kendang telinga. Bentuk daun telinga yang kompleks pada bagian telinga luar memiliki fungsi untuk menangkap suara dan untuk bagian yang lebih penting adalah liang atau lubang telinga. Daun telinga tersusun dari tulang rawan yang dilapisi kulit tipis telinga.
b. Telinga Bagian tengah
Telinga bagian tengah adalah rongga udara yang berada dibelakang gendang telinga, terdiri dari 3 tulang pendengaran diantaranya adalah (meratil atau malleus, landasan atau incus, serta stapes atau sanguardi). termasuk ujung sari saluar Eustachius juga memiliki posisi di bagian tengah telinga.
Getaran bunyi atau suara yang diterima gendang telinga selanjutnya akan disampaikan ke tulang pendengaran, kemudian dari masing -masing tulang pendengaran tersebut akan menyampaikan getaran tersebut ke bagian tulang berikutnya. Selanjutnya tulang sanggurdi yang berukuran organ tulang ter kecil terkecil ini akan meneruskan getaran ke rumah, selaput atau koklea telinga.
Koklea adalah bagian telinga yang memiliki peran yang sangat penting bagi fungsi dari pendengaran. Koklea adalah salah satu saluran berbentuk spiral yang membentuk dua pertiga putaran dan mengitari pusat tulang yang disebut modiolus tersebut.
Dilihat dari panjangnya, saluran koklea tersebut terbagi atas 3 terowongan oleh dua membrane, yakni membran basilar dan satu lagi membran vestibular, yang menjadi meregang dari modiolus.
c. Telinga Bagian Dalam
Telinga bagian dalam adalah bagian telinga yang terdiri dari bagian tulang serta bagian membrane, telinga bagian dalam tersebut juga disebut sebagai bagian labirin sebab mempunyai bentuk yang menyerupai labirin, Labirin tulang telinga tersebut memiliki tiga bagian diantaranya adalah :

1. Koklea atau rumah siput , Koklea adalah bagian dalam telinga yang mempunyai fungsi untuk reseptor karena memiliki sel – sel saraf di bagian dalamnya.
2. Vestibule adalah bagian dalam telinga yang fungsinya adalah untuk merangsang respon pendengaran.
3. Kanalis semisirkularis adalah telinga bagian dalam dan memiliki fungsi sebagai saluran untuk penerima infomasi atau pun suara dari sumber suara.

B. Fungsi Indra Pendengaran Bagi Manusia:
1. Fungsi indra pendengar adalah sebagai alat untuk mendengar segala sesuatu yang berbunyi (menghasilkan bunyi),
2. Daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran berfungsi sebagai penangkap sekaligus mengumpulkan gelombang bunyi,
3. Gendang telinga memiliki berfungsi menerima rangsangan bunyi dan selanjutnya akan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam.

C. Cara Kerja Indra Pendengaran /Telinga:
1. Bunyi masuk ke lubang atau liang telinga hal ini akan menjadikan gendang telinga menjadi bergetar.
2. Gendang telinga bergetar di sebabkan oleh bunyi yang di terima.
3. Getaran bunyi merambat melalui osikula menuju rumah siput.
4. Getaran bunyi dapat menyebabkan cairan yang berada di bagian rumah siput bergetar.
5. Getaran cairan tersebut akan menyebabkan sel-sel rambut melengkung. Selanjutnya Sel rambut tersebut akan  menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Kemudeian sel rambut yang berada pada salah satu ujung rumah siput akan mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
6. Saraf auditori akan mengirimkan sinyal ke otak yang selanjutnya sinyal tersebut ditafsirkan sebagai bunyi.

D. Cara Merawat Indra Pendengaran /Telinga:
1. Pilihlah bahan pengering yang lembut dan juga bersih (kasa steril), yang bersifat menarik cairan yang mengendap di liang telinga, atau dapat memakai kertas tisu yang lumayan tebal. Jangan menggunakan aplikator yang keras seperti logam atau kayu dengan kapas di letakkan di bagian ujungnya atau kertas yang mudah hancur dikhawatirkan akan terlepas dan tertinggal di dalam liang telinga. Anda dapat memakai cutton bud yang ukurannya lebih kecil dari lubang telinga, dan janganlah memasukan cutton bud terlalu dalam.
2. Letakkan bahan pengering tersebut di dalam liang telinga dengan hati-hati  selanjutnya angkat bila bahan pengering sudah tampak basah.
3. Jika kemasukan benda asing yang menutupi seluruh bagian liang telinga, atau terasa ada masalah pada pendengaran anda, sebaiknya  segeralah konsultasikan ke dokter.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi, Bagian-bagian, Cara kerja dan Cara Merawat Telinga kali ini semoga bermanfaat dan salam METIF-Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Fungsi, Bagian-bagian, Cara kerja dan Cara Merawat Indra Pendengaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel