6 Tari Khas Provinsi Kalimantan Utara

Tari Kalimantan Utara, Tari Magunatip, Tari Jugit, Blunde, Tari Jugit Paman, Tari Kancet Ledo, Tari Kancet Ledo, dan Tari Mance

Sahabat METIF-Media Edukatif di manapun berada, Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang tergolong baru, dan resmi berdir pada 25 Oktober 2012 dengan landasan UU No.2 tahun 2012, Provinsi Kalimantan Timur beribukota di Tanjung Selor. Provinsi ini terdiri dari 4 kabupaten, 1 kotamadya, 42 kecamatan, 423 kelurahan serta  29 desa. Provinsi Kalimantan Utara berbatasan dengan Negara tetangga yakni sabah dan serawak Malaysia bagian timur. Seperti daerah-daerah lain pada umumnya, Provinsi Kalimantan Utara ini tidak kalah dengan provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia dalam segi kebudayaan, kebudayaan yang di miliki provinsi Kalimantan utara ini diantaranya tampak pada tarian khas suku dayak yang ada Kalimantan Utara diantaranya dari suku dayak tahol, dayak kenyah, dan dayak murut, berikut akan akan admin paparkan tarian kahas Kalimantan Utara berikut ini;

1.      Tarin Magunatip khas Kalimantan Utara
Tari Magunatip adalah tari khas Kalimantan Utara dari masyarakat suku Dayak Tahol, dalam penampilannya tarian ini terbagi kedalam tiga kelompok yang diantaranya adalah kelompok musisi dengan alat musik tradisional Kalimantan Utara yang bernama gong dan gendang, serta penjepit kaki dengan menggunakan batang kayu, selanjutnya adalah grup penari yang menari sambil menghidari  perangkat jepitan dari kayu kayu yang sedang dimainkan.

Tarin Magunatip pada awalnya berupa latihan ketangkasan, para penarinya haruslah energik dan lincah dalam membawa gerakan yang identic dengan gerakan-gerakan melompat dan ketangkasan kaki, sebab bila salah dalam melakukan perhitungan dalam gerakan maka akan terjepit oleh kayu yang digerakkan.

2.     Tarian Jugit khas Kalimantan Utara
Tarian Jugit adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Utara, tari jenis ini hanya di tampilkan pada saat-saat tertentu saja, tari jugit terbagi menjadi menjadi dua jenis yaitu tari jugit Demaring dan Jugit Paman.

3.     Tarian Blunde khas Kalimantan Utara
Selain Blunde tari ini juga sering disebut dengan istilah tari Blundik khas Kalimantan Utara, jenis tari ini hampir sama dengan tari enggaan khas suku dayak. Namun Tari Blunde jenis ini sekarang sudah sangat jarang sekali ditampilkan.

4.     Tarian Jugit Paman khas Kalimantan Utara
Tari Jugit Paman adalah tari yang diciptakan oleh seorang tokoh penting Kalimantan Utara, yaitu Datuk Maulana dan Datuk Mahubut sekitar abad 18 silam, terdapat gerakan yang disebut “Ayu Ane” (menggendong anak), akan tetapi gerak ini tidak ada di dalam tari jugit paman. Adapun Posisi tangan “Ayu Ane” kipasnya dipegang dalam keadaan dikuncup selanjutnya tangan kanan memegang kipas dan diletakan pada tangan kiri seolah-olah sedang menggendong anak.

5.     Tarian Kancet Ledo khas Kalimantan Utara
Tarian Kancet Ledo merupakan tari dari masyarakat Suku Dayak Kenyah,tepatnya di Baram Sarawak, Kalimantan Timur, Tari tersebut menceritakan kelembutan seorang gadis. Para penari adalah para Gadis yang mengenakan pakaian adat Suku Dayak Kenyah dan tak lupa memegang beberapa ekor burung Enggang yang dirangkai sedemikian rupa meyerupai Buket.

6.     Tarian Mance khas Kalimantan Utara
Tari ini menggunakan  gerakan tari mance, gerakan tariannya seperti gerakan silat, tari Mance ini ditampilkan sebagi tari hiburan bagi masyarakat Kalimantan Utara.

Nah itulah beberapa Tari Khas Kalimanta Utara kali ini,  semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan salam METIF-Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "6 Tari Khas Provinsi Kalimantan Utara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel