Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Makanan Bagi Tubuh

Sahabat METIF-Media Edukatif di manapun berada,Tahukah kamu, apa saja fungsi makanan bagi tubuh kita? Beberapa fungsi makanan bagi tubuh kita, yaitu sebagai sumber energi, zat pembangun tubuh, pengganti sel-sel tubuh yang rusak, pengatur kerja alat-alat tubuh, serta pelindung tubuh dan penyakit.

1. Makanan Sebagai Sumber Energi
Setelah makanan yang kita makan diproses oleh sistem pencernaan kita di dalam tubuh, energi diperoleh dari proses pembakaran pada zat zat makanan yang kita konsumsi, dan saat itu sari makanan yang diserap oleh darah dan bereaksi dengan oksigen yang kita hirup saat bernafas dan menghasilkan karbon dioksida serta uap air.

Proses pembakaran zat makanan juga menghasilkan panas yang berguna untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil. Hasil pembakaran zat makanan berupa energi kimia yang dapat disimpan di dalam sel tubuh dan digunakan untuk melakukan aktivitas kehidupan, misalnya belajar, bekerja, berolahraga, maupun aktivitas aktivitas lainnya.

Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber energi utama adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat terutama berasal dan tumbuh-tumbuhan seperti padi, jagung, dan umbi-umbian, sedangkan jenis makanan yang mengandung lemak terbagi menjadi dua macam yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati berasal dan tumbuhan sedangkan lemak hewani berasal dan hewan.

2. Makanan sebagai Zat Pembangun Tubuh
     Jika sel tubuh kita terluka atau rusak maka akan digantikan oleh sel-sel baru. Untuk mengganti sel tubuh yang mati, atau memperbaiki sel tubuh yang rusak. Untuk pembelahan sel diperlukan protein. Protein diserap oleh tubuh dalam bentuk asam amino. Sama seperti lemak protein juga terdiri dan protein nabati dan protein hewani. Protein nabati misalnya kacang kedelai, kacang panjang, buncis dan kacang hijau. Sedangkan protein hewani di antaranya adalah daging, telur, dan ikan.

3. Makanan sebagai Pelindung dan Pemelihara
     Tentunya kalian sudah mengetahui, bahwa tubuh manusia terdiri dan berbagai sistem organ. Antara sistem organ yang satu dengan sistem organ yang lain saling berkaitan dalam menjalankan fungsinya. Untuk mengatur dan melindungi kerja sistem organ tersebut diperlukan zat pengatur yaitu vitamin, mineral, dan air. Vitamin mutlak diperlukan oleh tubuh karena berperan dalam proses pengaturan fungsi tubuh. Jika seseorang kekurangan vitamin akan mengalami avitaminosis. Beberapa vitamin yang diperlukan oleh tubuh adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

4. Makanan sebagai Pengaturan Proses-proses Tubuh
Vitamin A
Vitamin A  diperlukan untuk pertumbuhan jaringan, pelindung dan pemelihara kesehatan mata, pertumbuhan tulang, serta peningkatan daya.tahan tubuh terhadap penyakit kurang subur sehingga sulit untuk memiliki anak. Sumber vitamin E terdapat pada kecambah, kuning telur, susu, Lemak, daging, dan hati.

B. Makanan Sehat Bagi Manusia
Makanan bagi tubuh mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan adanya makanan, tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta memberikan tenaga untuk aktivitas hidup. Setidaknya, makanan bagi tubuh mempunyai peranan sebagai Vitamin A banyak terdapat dalam hati, minyak ikan, kuning telur, serta sayuran yang berwarna jingga seperti wortel, pepaya, dan tomat.



b. Vitamin B
Vitamin B disebut juga anti beri-beri. Vitamin B berfungsi mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh, serta membantu penyerapan asam lemak dan gliserol dalam tubuh.
Vitamin B banyak terdapat dalam kulit beras, susu, kacang kacangan, dan ragi.

c. Vitamin C
Vitamin C sangat penting dalam memelihara jaringan epitel, menggunakan protein dan lemak, mempercepat pembentukan sel darah merah, serta mencegah infeksi hidung dan kerongkongan.
Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan segar, contohnya jenuk dan jambu biji.

d. Vitamin D
Vitamin D bermanfaat untuk mempercepat pembentukan tulang dan mempertinggi penyerapan kalsium dan fosfor. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan rakhitis. Karena tidak dapat menyangga berat tubuh, penderita rakhitis, tulang kakinya akan membengkok. Selain itu, juga menyebabkan pertumbuhan tulang dan gigi terganggu. 

Provitamin D banyak terdapat pada susu, keju, mentega, kuning telur, dan ragi. Untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D diperlukan sinar ultraviolet dan pancaran sinar matahari pagi.

e. Vitamin E
Vitamin E sangat diperlukan dalam proses pembelahan sel. Bagi ¡bu hamil, vitamin E dapat mencegah keguguran dan pendarahan, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kurang subur sehingga sulit untuk memiliki anak. Sumber
vitamin E terdapat pada kecambah, kuning telur, susu, Lemak, daging, dan hati.

f. Vitamin K
Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah ketika terjadi luka. Di dalam hati, vitamin mi berfungsi mempercepat pembentukan thrombin. Kekurangan vitamin K menyebabkan darah sukar membeku, di dalam tubuh, vitamin K dibentuk dalam usus besar dengan bantuan bakteri eschericia coil. Vitamin K bersama empedu diserap oleh usus.

Mineral larut dalam air dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, mineral tidak mengalami proses pencernaan tetapi langsung diserap oleh tubuh, mineral dan vitamin sebagai pengatur dalam proses oksidasi, fungsi normal saraf dan otot, serta banyak proses lain yang terjadi dalam tubuh (seperti dalam darah, cairan pencernaan, jaringan, mengatur suhu tubuh, peredaran darah, pembuangan sisa-sisa/ekskresi).

5. Makanan sebagai Pertahan Tubuh Terhadap Penyakit
     Protein memiliki kegunaan sebagai pengatur kadar keseimbangan air di dalam sel, bertindak sebagai penyangga dalam upaya memelihara netralitas tubuh dan membentuk antibodi sebagai penangkal organisme dan bahan-bahan asing yang dapat.masuk ke dalam tubuh. Dalam hal ini, makanan berperan dalam mengatur tekanan osmosis, sehingga tubuh menjaga dalam keseimbangan, berperan pada oksidasi biologis, dan penyusun antibodi.


Demikian artikel tentang Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia kali ini semoga bermanfaat dan salam METIF-Media Edukatif.

AdSense

0 Response to "Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel