Manfaat Tanaman Pandan Wangi

Manfaat Tanaman Pandan Wangi

Sahabat METIF-Media Edukatif di manapun berada, Jenis tanaman Pandan wangi biasanya tumbuh di daerah-daerah tropis ada juga yang sengaja di tanam di kebun-kebun rumah penduduk. Pandan juga dapat tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, maupun si daerah yang memiliki suhu lembab, akan tumbuh dengan subur jika di tanam di daerah pantai atau daerah dengan ketinggian 500m dpi. Tergolong tanaman Perdu tahunan, batangnya yang tumbuh mampu hingga ketinggian 1-2 m. memiliki ciri-ciri batang bulat dan tampak bekas duduk daun, memiliki cabang, dan biasanya tumbuh menjalar, jenis akarnya adalah akar tunjang dan dapat menjangkau di sekitar pangkal batang serta cabang. Daunnya adalah jenis daun tunggal, duduk, pangkalnya memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Tiap tiap helai daunnya pita, tipis, licin, dibagian ujung daunnya runcing dan tepinya rata, jenis daun bertulang  daun sejajar, panjang daun mencapai 40 - 80 cm, sedangkan lebar daun antara 3 - 5 cm, dibagian tepi daun berduri di batang dan bagian bawah pangkal, berwana hijau.

Pandan wangi memiliki bunga majemuk, berbentuk bongkol, berwarna putih. Jenis buahnya buah batu dengan posisi menggantung dan bentuknya bulat seperti bentuk bola, ukuran atau diameter  buahnya antara 4-7cm, dibagian dinding buah memiliki serabut, warna buahnya jingga. Tanaman Pandan wangi memiliki banyak manfaat, selain sebagai bahan makanan atau rempah-rempah pandan wangi juga dapat di manfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan minyak wangi.

Daunnya memiliki aroma harum jika di remas atau di iris, pandan wangi biasanya sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi serta digunakan sebagai bahan pewarna hijau alami pada masakan atau penganan. Pandan wangi dapat dijadikan pengharum ruangan, irisan daun pandan muda dicampur bunga mawar, melati, cempaka dan kenanga, racikan seperti ini biasanya diselipkan di sanggul agar rambut menjadi harum, dan bisa juga diletakkan di antara pakaian dalam lemari.

Daun pandan yang diiris kecil kecil juga digunakan sebagai campuran bunga rampai yang disebut juga bunga tujuh rupa. Pandan wangi di kembangbiakan dengan cara pemisahan tunas-tunas muda yang tumbuh di antara akar-akarnya dan di tanam di tempat yang disediakan.


Khasiat Tanaman Pandan Wangi Untuk Kesehatan
1. Mengobati Lemah saraf:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 3 helai lalu dicuci dan iris kecil-kecil. Irisan daun pandan di rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Setelah air rebusan dingin lalu disaring dan diminum pada pagi dan sore hari, setiap kali minum masing-masing 1 gelas.




2. Mengobati Rematik dan pegal linu:
Bahan A:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 3 helai  lalu dicuci dengan air bersih dan irislah tipis-tipis. Cara menggunakannya di seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan diaduk-aduk sampai merata. Setelah mendidih lalu diinginkan dan siap digunakan untuk menggosok bagian tubuh
yang sakit.

Bahan B :
Siapkan daun pandan segar sebanyak 5 helai  dan daun serai sebanyak 20 lembar, kemudian bahan tersebut dicuci lalu dan selanjutnya ditumbuk hingga halus. Selanjutnya tambahkan minyak kayu putih dan minyak gondopura masing-masing 1 sendok makan. Aduklah sambil diremas hingga merata.  Racikan ramuan tersebut dapat digunakan sebagai minyak gosok dan juga mengurut bagian tubuh yang sakit.

3. Mengobati Gelisah:
Sipakan daun pandan segar sebanyak 2 helai lalu dicuci dan irislah tipis-tipis. Cara memakainya diseduh dengan segelas air panas. Dan setelah dingin disaring, diminum sekaligus. Lakukan berulang 2 sampai 3 kali sehari, hingga penderita tenang.

4. Mengobati Rambut rontok:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 10 helai daun pandan yang masih muda dan pastikan masih segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar, setelah dicuci bersih lalu dipotong-potong secukupnya.

Masukan bahan tersebut kedalam panci email, lalu tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan.

Caranya penggunaannya adalah dengan mengoleskan campuran minyak kebagian seluruh kulit bagian kepala sambil dipijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramasi. Lakukan 2 - 3 kali seminggu.

5. Dapat juga digunakan untuk membantu menghitamkan rambut:
Caranya daun pandan wangi sebanyak 7 lembar dicuci lalu dipotong.



Demikian penjelasan tentang Manfaat Tanaman Pandan Wangi kali ini semoga dapat memberian manfaat kepada siapapun yang membacanya sekian dan salam Metif Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Manfaat Tanaman Pandan Wangi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel