Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Kondisi Geografis Indonesia

Sahabat METIF-Media Edukatif di manapun berada, keadaan geografis sebagai negara maritim serta kepulauan membawa banyak keuntungan bagi bangsa Indonesia. Wilayah laut Indonesia yang sangat luas sudah diakui secara internasional sebagai negara maritime yang ditetapkan dalam UNCLOS terhadap tahun 1982.

Perihal ini bermakna Bangsa Indonesia dikasi kewenangan buat memanfaatkan potensi asal pati daya laut Cakupan wilayah yang amat besar serta luas, jelas saja saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman asal pati daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati ataupun non-hayati. asal pati daya alam laut tersebut antara lain ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, asal pati tenaga minyak serta gas bumi, bahan mineral, serta juga media transportasi antarpulau.

Semua potensi alam tersebut tersedia dalam hitungan yang besar serta tersebar di seluruh wilayah Indonesia Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan potensi asal pati daya laut yang sedemikian besar ini tentunya bisa membagikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia.

Hingga terhadap akhirnya juga akan membagikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa Kelompok masyarakat yang dapat mengalami langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini ialah masyarakat yang berda di pesisir. Banyak jenis job yang dapat diusahakan buat menunjang kehidupan
ekonominya.

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang Berposisi di antara Benua Australia serta Asia membawa pengaruh pada kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia.

Perihal ini bisa terjadi pasal dengan posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di semua belahan bumi ini akan melalui serta mampir ke Indonesia Pedagang-pedagang dari beragam negara tersebut tentunya mempunyai latar belakang yang lain hal antara satu dengan yang lainnya.

Para pedagang yang
mampir serta adanya beberapa yang menetap di Indonesia turut membawa adat budaya dari negara asalnya. Lambat laun adat budaya yang diangkut tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan adat budaya asli Indonesia Berikut ialah sebagian akibat yang diakibatkan oleh letak serta kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan

1. Komunikasi serta interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia ataupun orang Indonesia dengan penduduk asing. Hal ini didukung ada kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.

2. Terjadinya pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulau dan antarnegara

3. timbulnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, layaknya Pecinan dan Kampung Arab

4. Terjadinya pergantian sikap masyarakat pasal efek masuknya pola dan nilai sikap dari pulau, daerah, ataupun negara lain

5. Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, serta teknologi.


Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam METIF.
AdSense

0 Response to "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel