Makna Tari Musyoh Dari Provinsi Papua

Tari Musyoh

Sahabat Metif-Media Edukatif  dimanapun berada, Tari Musyoh adalah salah satu tari khas Provinsi Papua, tari ini memiliki makna tersendiri, dan makna tersebut tertuang kedalam beberapa gerakan yang terdapat pada tarian tersebut. Namun untuk memahami makna yang ada pada tarian tersebut haruslah ada pengertian dan juga pemahaman tingkat tinggi.

Dengan beberapa kandungan makna serta gerakan-gerakan yang terdapat pada tarian tersebut, menjadikan tari musyoh lebih dikenal oleh masyarakat luas, bahkan sering juga di tampilkan saat saat upacara adat di Papua.

Tari Musyoh  tergolong jenis tarian yang sangat sakral, biasanya tarian ini di fungsikan sebagai media untuk mengusir arwah seseorang meninggal tidak wajar seperti karena musibah atau kecelakaan.

Seperti yang umumnya terjadi, bahwa seseorang yang meninggal saat kecelakaan biasanya arwah nya masih belum mendapat ketenangan, dan ada pula yang terus menghantui serta mengganggu orang-orang  yang sedang berada di sekitarnya.

Dengan ditampilkan tarian ini diharapkan dapat mengusir arwah mereka yang meninggal tidak wajar,  dengan demikian arwah tersebut tidak akan mengganggu orang yang masih hidup. Tari ini sudah lama dikenal oleh masyarakat suku-suku yang terdapat di Papua, dan hingga kini fungsi tarian ini juga masih tetap, yaitu tarian sakral untuk mengusir para arwah orang yang meninggal secara tidak wajar, seperti kecelakaan dan lain-lain.



Demikianlah penjelasan tentang Makna Tari Musyoh Dari Provinsi Papua kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam Metif-Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Makna Tari Musyoh Dari Provinsi Papua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel