Keragaman 6 Agama di Indonesia lengkap dengan penjelasan Pemuka Agama, Kitab Suci, Hari Besar, dan Tempat Ibadahnya

Keragaman 6 Agama di Indonesia
Agama memiliki peran yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, sebab hal tetsebut tercermin pada sila Pertama Pancasila, yang berbunyi " Ketuhanan Yang Maha Esa"  dalam UUD 1945 juga dinyatakan bahwa tiap-tiap awarga negara diberikan kebebasan memeluk agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Oleh karena itulah pemerintah Indonesia mengesahkan enam agama yang resmi sebagai agama abgi masyarakat Indonesia, agama tetsebut diantaranya adalag Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu.

Agama Islam
Pengikut dari agama Islam disebut Muslim, Pemuka Agamanya disebut Ulama, Kitab suci agam Islam disebut Al-Quran, Tempat Ibadah Agama Islam adalah Masjid, Hari besar agama islam adalah Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Hijriah, Maulid Nabi, dan Isra Mi'raj.

Agama Hindu
Pemuka agama Hindu disebuat Wasi, kitab sucinya adalah Weda, rumah ibadahnya disebut Pura Harai besarnya adalah Saraswati, Kuningan, Galunggung, dan Nyepi.

Agama Budha
Pemuka agama budha adalah biksu, kitab sucinya disebut Tripitaka, rumah ibadahnya di sebut Wihara, hari besarnya adalah Waisak, Manghapuja, dan Asadha.

Agama Kristen Katolik
Pemuka agama katolik disebut Pastur, Kitabsucinya disebut Injil, Rumah ibadahnya adalah Gereja, Hari Besarnya adalah Natal, Jumat Agung, dan Paskah.

Agama Kristen Protestan
Pemuka agamanya disebut Pendeta, kitab sucinya adalah Injil, rumah ibadahnya adalah Gereja, hari besarnya adalah Natal dan Paskah.

Agama Kong Hu Cu
Pemuka agama adalah xueshi, kitab sucinya adalah Dio Sishu Wu Jing rumah ibadahnya adalah Klenteng, hari besar agama Kong Hu Cu adalah Hariraya Tahunbaru Imlek, Cap Go Meh dan King Thi Kong.
AdSense

0 Response to "Keragaman 6 Agama di Indonesia lengkap dengan penjelasan Pemuka Agama, Kitab Suci, Hari Besar, dan Tempat Ibadahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel