Contoh dan bentuk Interaksi Sosial dalam Masyarakat

 Interaksi Sosial dalam Masyarakat
   Manusia hidup di dalam lingkungan  sosial masyarakat dan pastinya kita akan selalu melakukan interaksi sosial dengan anggota masyarakat yang lain. Interaksi sosial adalah hubungan yang terjadi antara dua orang atau lebih pada suatu waktu dan tempat tertentu.

Dalam proses interaksi sosial terjadilah aksi timbal balik di antara sesama masyarakat yang ada di lingkungan. Interaksi sosial merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tercipta sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup ataupun memenuhi kebutuhannya sendiri.

Setiap Manusia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu manusia melakukan interaksi sosial untuk mewujudkannya.

Berikut ini contoh interaksi sosial yang sering terjadi dalam masyarakat:

1. Tolong Menolong
Tolong Menolong Kita harus tolong menolong dengan orang lain, terutama orang terdekat atau tetangga. Tolong menolong akan mempererat hubungan interaksi sosial di antara sesama.

2. Gotong Royong
Gotong royong atau kegiatan kerja bakti sering dilakukan dalam masyarakat. Gotong royong sudah menjadi ciri kepribadian bangsa. Gotong royong akan mempermudah pekerjaan serta memperkuat kerukunan.

3. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar Di dalam kegiatan belajar akan terjadi interaksi sosial, baik antara murid dengan murid, guru dengan murid, ataupun guru dengan murid. Dalam kegiatan tersebut terjadi komunikasi, interaksi, dan ada hubungan timbal balik.

4. Proses Jual Beli
Proses Jual Beli Dalam kegiatan jual beli ini terjadi komunikasi dan interaksi antara penjual dan pembeli. Tawar menawar merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses ini.

5. Musyawarah Desa
Musyawarah Desa Kegiatan musyawarah desa dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan bersama. Dalam musyawarah, para peserta akan memberikan saran, ide, dan pendapat untuk kepentingan bersama.

Nah demikian tadi Contoh dan bentuk Interaksi Sosial dalam Masyarakat kali ini semoga bermanfaat.
AdSense

0 Response to "Contoh dan bentuk Interaksi Sosial dalam Masyarakat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel