Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022

          Halo sahabat Media Edukati dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan contoh Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022 yang telah saya buat, berikut pemaparannya ;

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran 

PPL 1

Lokasi

SD Negeri 004 Pagaran Tapah Darussalam

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan kecepatan sebagai perbandingan jarak dalam meter dan waktu dalam detik.

 

Penulis

Mansyur S,S.Pd.SD

Tanggal

Jumat, 26 Agustus 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

 

1.    Peserta didik kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran.

2.    Peserta didik tidak berani bertanya pada saat proses pembelajaran.

3.    Pembelajaran hanya terpusat pada guru sebagai sumber belajar.

4.    Nilai matematika yang diperoleh peserta didik ratarata masih rendah khususnya pada materi kecepatan.

5.    Peserta didik menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti

6.    Peserta didik kesulitan menjawab soal matematika yang diberikan.

 

Kondisi tersebut juga disebabkan oleh guru pada saat mengajar belum menggunakan media dan metode pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton (lebih banyak ceramah).

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan seperti saya, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai yang diharapkan

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolah serta pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

 

1.    Pada saat mengerjakan LKPD masih ada kelompok yang menyelesaikan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

2.    Pada aksi tahap 1 ini, masih terdapat siswa yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya didepan kelas.

3.    Pada aksi tahap 1 ini, dalam diskusi kelompok masih ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan .

 

Dilihat dari tantangan tersebut bahwa tantangan yang dihadapi merupakan sisi kompetensi guru yang harus ditingkatkan baik dalam bidang pedagogik maupun profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar. Adapun yang terlibat dalam tantangan ini adalah guru dan peserta didik.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut :

 

1.    Pada saat melakukan diskusi pengolahan data masih ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok. sebaiknya saya harus lebih intens lagi dalam membimbing siswa yang belum memahami tugas yang akan dilakukan, agar siswa yang masih pasif dalam kegiatan diskusi dapat berperan aktif dikelompoknya.

 

2.    Pada kelompok yang menyelesaikan LKPD tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Sebaiknya saya membimbing kembali peserta didik agar dapat membuat pembagian tugas diskusi sehingga dapat memudahkan mereka menyelesaikan dengan tepat waktu.

 

3.    Pada saat kegiatan evaluasi untuk mengatasi siswa yang masih belum percaya diri dalam mempresentasikan hasil laporannya saya harus mendampingi dan memberikan contoh kepada siswa baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan kelompok, dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada siswa atau kelompok yang sudah tampil.

 

 

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

1.      Dampak dari penggunaan media berbasis TPACK yang diimplementasikan dalam bentuk powerpoint pembelajaran yang ditayangkan dapat membuat peserta didik lebih semangat dan tidak mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran dan dari hasil evaluasi tersebut diperoleh hasil peserta didik yang mendapatkan nilai 90% diatas KKM.

 

2.      Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan. Hal ini terlihat dari indikator keaktifan peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan model PBL.

 

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan strategi tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik, teman sejawat, dan kepala sekolah memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut :

 

1.    Dari peserta didik mereka merasa senang dengan proses pembelajaran karena mereka dapat terlibat langsung dan kegiatannya menarik menurut mereka.

 

2.    Dari teman sejawat dan Kepala Sekolah

secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dan terarah, peserta didik dapat terlibat aktif dan kegiatannya menyenangkan.

 

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap model pembelajran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan remcana pembelajaran yang telah dibuat

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru tentunya dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik

 Untuk link downloadnya silahkan klik disini Demikian semoga bermanfaat dan salam Media Edukatif.

 

 


AdSense

0 Response to "Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel