Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022
Halo sahabat Media Edukati dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan contoh Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022 yang telah saya buat, berikut pemaparannya ;
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
PPL 1
Lokasi
|
SD Negeri 004 Pagaran Tapah Darussalam |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam menentukan kecepatan sebagai perbandingan jarak dalam meter dan waktu
dalam detik. |
Penulis
|
Mansyur S,S.Pd.SD |
Tanggal
|
Jumat, 26 Agustus 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah : 1.
Peserta
didik kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran. 2.
Peserta
didik tidak berani bertanya pada saat proses pembelajaran. 3.
Pembelajaran
hanya terpusat pada guru sebagai sumber belajar. 4.
Nilai
matematika yang diperoleh peserta didik ratarata masih rendah khususnya pada
materi kecepatan. 5.
Peserta
didik menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti 6.
Peserta
didik kesulitan menjawab soal matematika yang diberikan. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh
guru pada saat mengajar belum
menggunakan media dan metode pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton
(lebih banyak ceramah). Mengapa
praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami
permasalahan seperti saya, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat
memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi
rekan guru lain. Peran
dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru mempunyai tanggung
jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan
model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan
hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai yang diharapkan |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Setelah
dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru,
kepala sekolah serta pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu : 1.
Pada
saat mengerjakan LKPD masih ada kelompok yang menyelesaikan tidak sesuai
dengan waktu yang telah ditetapkan. 2.
Pada
aksi tahap 1 ini, masih terdapat
siswa yang
belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya didepan kelas. 3.
Pada
aksi tahap 1 ini, dalam diskusi kelompok masih ada siswa yang kurang aktif
dalam kegiatan . Dilihat
dari tantangan tersebut bahwa tantangan yang dihadapi merupakan sisi
kompetensi guru yang harus ditingkatkan baik dalam bidang pedagogik maupun
profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar. Adapun yang terlibat dalam tantangan ini
adalah guru dan peserta didik. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai
berikut : 1.
Pada
saat melakukan diskusi pengolahan data masih ada
siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi
kelompok.
sebaiknya saya harus lebih intens lagi dalam membimbing siswa yang belum
memahami tugas yang akan dilakukan, agar siswa yang masih pasif dalam
kegiatan diskusi dapat berperan aktif dikelompoknya. 2. Pada kelompok yang
menyelesaikan LKPD tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Sebaiknya
saya membimbing kembali peserta didik agar dapat membuat pembagian tugas
diskusi sehingga dapat memudahkan mereka menyelesaikan dengan tepat waktu. 3. Pada saat kegiatan evaluasi
untuk mengatasi siswa yang masih belum percaya diri dalam mempresentasikan
hasil laporannya saya harus mendampingi dan memberikan contoh kepada siswa
baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan
kelompok, dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada siswa atau
kelompok yang sudah tampil. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
1.
Dampak
dari penggunaan media berbasis TPACK yang diimplementasikan dalam bentuk powerpoint
pembelajaran yang ditayangkan
dapat membuat peserta didik lebih semangat dan tidak mudah bosan dalam
mengikuti proses pembelajaran dan dari hasil evaluasi tersebut diperoleh
hasil peserta didik yang mendapatkan nilai 90% diatas KKM. 2.
Penggunaan
model pembelajaran Problem Based Learning membuat peserta didik lebih
termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional
yang selama ini sering digunakan. Hal ini terlihat dari indikator keaktifan
peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan model
PBL. Dalam
proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan strategi tersebut respon
dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik,
teman sejawat, dan kepala sekolah
memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut : 1.
Dari
peserta didik mereka merasa senang dengan proses pembelajaran karena mereka
dapat terlibat langsung dan kegiatannya menarik menurut mereka. 2.
Dari
teman sejawat dan Kepala Sekolah secara
keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dan terarah, peserta didik dapat
terlibat aktif dan kegiatannya menyenangkan. Faktor
keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap
model pembelajran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan remcana
pembelajaran yang telah dibuat Pembelajaran
yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru tentunya
dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan
mengembangkan model model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai dengan baik |
0 Response to "Contoh Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022"
Post a Comment