Keunggulan Menggunakan Mode P (Program) Pada Kamera DSLR

Keunggulan Menggunakan Mode P  (Program) Pada Kamera DSLR
Secara Umum mode ini hampir sama dengan mode Auto, Bedanya dengan mode Auto pada mode P ini kita masih bisa menentukan pengaturan ISO secara manual, selain pengaturan ISO kita juga bisa mengatur setelan White Balance, Picture Style dan Auto Exposure Bracketing. Untuk pengaturan  Exposure Diafragma terprogram secara Semi Auto. Mengapa Semi Auto, Karena Diafragma yang terprogram bisa berubah jika kita merubah nilai ISO dan Shuter Speed
Keterangannya begini :
  • Jika Anda merubah nilai Shuter Speed maka diafragma akan berubah dan menyesuaikan secara auto sesuai dengan kondisi pencahayaan pada saat itu, sedangkan untuk nilai ISO tidak berubah.
  • Jika nilai ISO di rubah maka Kecepatan Rana atau Shuter Speed dan diafragma nya akan berubah dan saling menyesuaikan kondisi pencahayaan pada saat itu.
  • Untuk Diafragma tidak bisa di rubah secara manual, diafragma akan berubah jika Anda merubah nilai ISO ataupun Shuter Speed.
  • Nilai ISO hanya bisa di rubah secara manual.


Adapun keuntungan menggunakan mode P (Program) ini adalah :
1.     Kita tetap dapat menangkap gambar yang memiliki kualitas tinggi dengan kondisi pencahayaan yang kurang sekalipun, misalnya nya lokasi  pemotretan di dalam ruangan, dan dengan mode ini walaupun kita tidak mengunakan falash gambar akan tetap tampak bagus, mode ini dapat anda gunakan saat anda harus menangkap momen dengan cepat, dan di satu sisi anda tidak banyak waktu untuk menyeting Exposure  pada mode manual, karena pada saat itu pencahayaan di tempat anda memotret benar-benar tidak stabil. selain mode Auto Mode P ini juga sangat Efektif anda gunakan.
2.     Sangat efektif digunakan di dalam maupun di luar ruangan tanpa harus takut hasilnya akan tidak bagus.
3.     Untuk mendapatkan hasil yang tetap detail dan tetap tajam kita bisa merubah nilai ISO ke 200 sampai dengan 800 dan hasilnya juga tetap bagus,
4.     Dengan mengaktifkan falash internal atau exsternal  maka hasil akan lebih bagus.
5.     Cocok sekali diguanakan oleh fotografer pemula yang belum memahami seting Exposure.
Saran :
Sebaiknya saat menggunakan mode P (Program) anda harus mengaktifkan fitur (VR) Vibration Reduction untuk lensa Nikon, atau (IS)Image Stabilization pada lensa Canon, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya getaran yang menyebabkan gambar tampak kabur.


Demikianlah artikel tentang keunggulan dari menggunakan mode P (Program) mudah-mudahan bermanfaat.

AdSense

0 Response to "Keunggulan Menggunakan Mode P (Program) Pada Kamera DSLR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel