Trik Seting WB atau White Balance All Round Segala Kondisi Pencahayaan untuk Nikon kelas Low End D3100/D3200/D3300/D3400/D3500 dan Nikon kelas Semi Advanced D5000/D5100/D5200/D5300/D5500 Pemula

               Perkembangan minat dunia fotografi dari tahun ke tahun tampaknya tak pernah ada hentinya, bermacam macam farian produk kamera digital diciptakan untuk mendukung kebutuhan para konsumennya. mulai yang kelas pemula, semi pemula hingga kelas profesional.

Setelah saya baca di berbagai media yang mengulas bermacam-macam seting pada kamera digital, sering sekali saya menemukan pertanyaan-pertanyaan tentang seting White Balance atau keseimbangan putih.

Adapun seting WB ini sangat penting dalam dunia fotografi, karena setingan WB yang tepat akan menghasilkan warna foto yang natural sesuai dengan kondisi aslinya. dalam kata lain warna merah akan tampak merah,putih tampak putih, kuning tampak kuning dan seterusnya, Walaupun terkadang seting WB yang tidak tepat justru memberikan efek foto yang unik namun terkadang ini terjadi di luar sekenario setingan.

Baiklah saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang cara mengatasi Seting WB atau White Balance All Round Segala Kondisi Pencahayaan baik itu saat siang hari, malam hari, pencahayaan dengan flash. Seting ini saya saran kan bagi para pecinta fotografi yang masih tahap pemula dan masih bingung tentang seting WB ini. Perlu diingat bahwa trik yang saya berikan ini bukanlah yang paling utama dalam setingan WB, trik yang saya berikan ini adalah trirk mengatasi kondisi pencahayaan yang berubah-ubah dalam satu waktu, agar anda tidak direpotkan dengan selalu merubah setingan WB pada saat itu. dan di lain waktu anda juga perlu mempelajari pengaturan WB yang lain, hal ini untuk memperkaya pengetahuan kita dalam setingan white balance.

Mengapa tidak menggunakan WB Auto saja ?
Pada kondisi pencahayaan yang berbeda seting WB auto ini terkadang tidak akurat, mengapa demikian?contoh kasusnya begini, saat saya memotret dalam ruangan pada malam hari, pada saat itu sumber pencahayaan asli dalam ruangan itu adalah lampu neon hangat, kemudian saya memotret dengan mode auto white balance dan untuk membantu pencahayaan saya menambahkan lampu flash ekstrenal yang tidak memiliki fitur TTL.
Dengan demikian kamera saya akan membaca situasi sumber pencahaya utama dalam ruangan tersebut yaitu sumber pencahayaan lampu neon hangat. Dan pada saat saya mulai membidikan kamera saya ke sebuah subyek sasaran maka seketika itu flash saya menyala dan hal ini akan merubah kondisi pencahayaan yang asli dalam ruangan itu, yang terjai seting auto balance membaca kondisi tanpa pencahayaan falash sedangkan pada prakteknya suasana pencahayaan berubah karna falash eksternal dan akibatnya warna foto yang dihasilkan tidak akurat terkesan kebiru-biruan atau ke kuning-kuningan.
Menurut saya Mode Auto Balance ini akan sangat cocok digunakan diluar ruangan atau outdoor dengan pencahayaan tanpa flash.

Baik langsung saja. disini saya menggunakan kamera Nikon D5200 sebagai contoh,untuk seri pemula lainnya kurang lebih sama. yang pertama seting kamera anda dalam mode Manual



Contoh setingan dasar Shutter Speed,Diafragma dan Iso kurang lebih seperti di bawah ini; anda dapat menambahkan dan mengurangi nilai Iso dan setingan lsin nya jika dirasa pencahayaan kurang terang atau terlalu terang, anda juga perlu menyesuaikan besaran pencahayaan yang anda butuhkan.


Pilih salah satu dari dua pengaturan White Balance yang saya sarankan di bawah ini.

1.     Seting pengaturan keseimbangan putih pada Menu Pemotretan White Balance ke mode Sinar surya langsung lalu klik OK atau pilihan yang ke dua.
2.     Seting pengaturan keseimbangan putih pada Menu Pemotretan White Balance ke mode Neon putih siang hari 5* lalu klik OK.
Silahkan anda pilih salah mode yang No.1 atau No.2 untuk seting lanjutannya setelah anda memilih salahsatu mode seperti diatas geser pada tombol gulir ke sebelah kanan maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.
Pada prakteknya silakan bidik sebuag gambar dengan objek orang, lalu lihat gambarnya, anda dapat menilai warna apa yang memuru anda over atau under , untuk menyesuaikan warna silahkan seting dengan menggeser pilihan warna dengan menekan tobol gulir ke kana,kiri atas maupun bawah, pada kedua setingan yang saya berikan ini secara umum preset warna yang sering digunakan cendrung ke bagian kiri bawah penyesuaian warna merah dan biru.


Jika preset warna yang anda pilih sudah selesai tekan OK. Silahkan memuali membidik foto yang menjadi target anda,untuk semua kondisi pencahayaan baik itu di dalam ruangan dengan bermacam-macam sumber cahaya utama dengan tambahan flash body internal atau eksternal, flash studio softbox dan bahkan di luar ruangan sekalipun dengan pencahayaan utama sinar matahari langsung, anda tinggal menyesuaikan Shutter Speed,Diafragma dan Iso nya saja tanpa merubah White Balancenya.

Baiklah ini saja artikel yang dapat saya bagikan, dan bagi sobat yang sudah mantap dengan setingan White Balance pilihannya sendiri saya rasa sudah tidak perlu lagi artikel ini, tapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba yang ini sebagai perbandingan.

Kurang dan lebihya saya mohon maaf ,dan jika artikel ini dirasa bermanfaat tolong Share ya,
terima kasih semoga bermanfaat.
AdSense

0 Response to "Trik Seting WB atau White Balance All Round Segala Kondisi Pencahayaan untuk Nikon kelas Low End D3100/D3200/D3300/D3400/D3500 dan Nikon kelas Semi Advanced D5000/D5100/D5200/D5300/D5500 Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel