Alat Musik Tradisional Jawa Barat “Angklung”

Alat Musik Tradisional Jawa Barat “Angklung”
Create by http://www.kamerabudaya.com

METIF Media Edukatif-Angklung adalah salah satu jenis alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat, alat musik angklung kini sudah mulai di perkenalkan di sekolah-sekolah di luar provinsi Jawa Barat.

Di daerah Jawa Barat sangat banyak sekali di temukan tanaman bambu, di mana bambu adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat alat musik angklung.

Alat musik angklung dimainkan dengan cara di goyang di jaman dulu nada yang di gunakan adalah nada pentatonik, ini berbeda dengan yang di gunakan pada jaman sekarang, yaitu pada umumnya sudah mulai menggunakan nada diatonik.

Baca Juga :

Tokoh yang sangat berjasa dalam mengembangkan alat musik ini adalah Daeng Sutikna, belia lah yang terus meupdate jenis-jenis nada yang di gunakan pada alat musik angklung ini, dimana sebelum menggunakan nada diatonik alat  ini lebih dulu menggunakan nada berdasarkan pelog dan slendro, nada pelog dan slendro ini mulanya adalah nada dasar yang di gunakan pada jenis alat musik gamelan dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Demikian lah penjelasan tentang Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Angklung, semoga memberi manfaat, Salam Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Alat Musik Tradisional Jawa Barat “Angklung”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel