Alat Musik Tradisional Jawa “Bonang”

Alat Musik Tradisional Jawa “Bonang”
Create By http://www.kamerabudaya.com

Bonang adalah alat musik yang di mainkan dengan cara di pukul, alat musik kempul memiliki bentuk setengah lingkaran dan di bagian atas memiliki gundukan, alat music bonang termasuk kedalam jenis alat music gamelan.

Alat music bonang terbuat dari kuningan da nada juga yang di buat dari logam, bonang terdiri dari beberapa buah bonang tergantung tangga nada yang sedang di gunakan, alat music bonang di letakkan di atas rancakan.

Jumlah pencon untuk tangga nada pelog adalah 14 pencon, sedangkan untuk tangga nada slendro berjumlah 10 pencon.

Didaerah Jawa Tengah Khususnya seperangkat gamelan lengkap hanya membutuhkan tiga buah bonang saja, tetapi ketiganya memiliki ukuran dan suara yang berbeda-beda, untuk yang berukuran besar bonang panembung biasanya adalah untuk jenis nada-nada rendah, untuk yang ukuran sedang bonang barung memiliki nada sedang, sedangkan untuk jenis bonang panerus memiliki nada tinggi.

Alat musik bonang dapat di jumpai mulai dari daerah Bali,Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah-daerah lain di luar pulau Jawa, seperti Maluku, Sumatra Barat, Sumatra selatan, Riau, Kalimantan Selatan dan lain-lain.


AdSense

0 Response to "Alat Musik Tradisional Jawa “Bonang”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel