Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

Cara Budidaya Tanaman Buah Anggur
Buah anggur adalah buah yang banyak tumbuh di daratan dingin Eropa, yaitu di Amerika Utara, Kutub Utara dan Greenland,dan jenis buah ini diduga sudah ada sejak jaman Meocene dan Tertiary, dan tanaman ini awalnya merupakan tumbuhan liar di daerah pegunungan, dan di habitat asalnya sana iklim nya sangat mendukung pertumbuhan buah anggur ini, sehingga tanaman buah anggur bias tumbuh subur bagaikan semak belukar.

Pada abad ke 2 masehi banyak orang yang sudah mulai mengenal buah ini, dan buah anggur bias di sajikan dalam bentuk buah meja, kismis dan ada pula yang di olah menjadi minuman anggur.

Orang  dari kebangsaan romawi kuno membawa varietas anggur atau yang di kenal dengan sebutan vitis vinifera ini keseluruhan penjuru dunia, dan pada akhirnya buah anggur banyak di kenal Negara-negara di Meditterania hingga Afrika Utara.

Dan tidak sampai di situ saja,tanaman ini oleh orang Kaukakus disebarkan ke wilayah Asia kecil, Mesir dan Yunani. Kemudian oleh orang  Yunani disebarkan lagi  ke daratan Eropa, oleh orang Eropa disebarkan lagi  ke Afrika, Australia, Jepang , Clifornia dan selanjutnya menyebar ke seluruh Dunia.

Berikut adalah cara menanam buah anggur  agar dapat tumbuh subur di daerah kita.

1. ) Dari Segi Tanah Yang Dibutuhkan Tanaman Anggur :
Jenis tanaman anggur memiliki kebutuhan iklim dan kadar pH tanah yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya tanah yang di perlukan untuk menanam buah anggur ini adalah tanah yang subur dan banyak mengandung hara,tidak berlempung danpadas, tanah mudah meresap air, tidak di genangi air, dan memiliki kadar pH tanahanatra 6,5 sampai 7,0.

Media Tanah Dibutuhkan Tanaman Anggur :
Untuk menanam tanaman anggur perlu di persiapkan tempat atau tanah dengan kaya akan unsur hara,caranya  buatlah lubang dengan ukuran 1 meter persegi dengan kedalaman ½ meter.

Isilah lubang yang sudah di persiapkan tadi dengan tanah yang sudah di campur pupuk organic, pupuk organic adalah pupuk kandang yang sudah melawati proses fregmentasi, jadi pupuk tersebut sudah membaur dengan tanah, biasanya tanah ini berwarna hitam kecoklatan dan gembur.

Untuk tanah yang sudah memiliki tingkat kesuburan tinggi, anda cukup membuat lubang ½ meter persegi dan kedalaman lubang 25 cm dan di isi dengan tanah olahan pupuk kompos yang sudah siap pakai,

Setelah media tanah sudah di persiapkan bibit anggur jangan langsung di tanam, tetapi biarkan dulu satu minggu agar tanah yang di persiapkan menyatu membaur secara merata, jika sudah satu minggu barulah tanah siap untuk di tanami bibit anggur yang sudah di sediakan.

Cara menanam lubangi lah bagian tengah tempat  yang sudah di sediakan, kedalaman lubang  tanam perkirakanlah sesuai dengan besar atau kecilnya bibit yang akan di tanam.

2.) Untuk Iklim :
Buah anggur cocok di tanam di daerah tropis yang memiliki iklim panas dan dingin sedang, dan tanaman anggur membutuhkan sinar matahari secara langsung.

3.) Bibit :                                               
* Bibit anggur dapat di peroleh dengan cara vegetative seperti Cangkok,runduk stek ataupun okulasi.dengan menggunakan cara vegetative akan mempercepat proses buah, kira-kira 1 tahun sudah berbuah.

* Cara mencangkok batang anggur tidak perlu di kupas, tetapi dengan cara memilih batang anggur yang sudah tua berukuran sebesar jari kelingking dan keras kemu dian langsung di bungkus dengan sabut kelapa yang berisi tanah di bagian antara buku.

* Ada juga yang di cangkok dengan mengupas 1/8 bagian kulitnya tetapi untuk ukuran batang yang besar, caranya sma dengan mencangkok tanaman pada umumnya dengan cara memilih batang anggur yang sudah tua besar dan keras kemu kupas 1/8 bagian kulitnya sepanjang 10 cm ,diamkan selama sampai mulai muncul bakal akar, kurang lebih dua minggu, setelah itu langsung di bungkus dengan sabut kelapa yang berisi tanah di bagian yang sudah di kupas, dan jangan lupa sering menyiram nya agar tanah tidak mengering.

* Cara runduk, yaitu pilih batang yang sudah tua dan sehat lalu  bengkok kan ke bagian antara buku ke dalam tanah lalu di timbun, biarkan sampai tumbuh tunas baru di sekitar timbunan, biarkan sampai benar-benar siap di pisah.

* Dengan generative (Biji), dengan menanam bijinya langsung ke tanah yang subur, tetapi cara ini membutuhkan waktu sampai 4 tahun barulah dapat berbuah.

* Anda juga dapat membeli bibit anggur di pertanian, pilih bibit yang memenuhi syarat dan sudah siap tanam.

4. )Cara Perawatan Tanaman Anggur

Perawatan atau pemeliharanan adalah kegiatan penting sebagai tindak lanjut dari penanaman buah anggur,beberapa perawatan yang harus di lakukan meliputi :

1. Yang biasa di lakukan pada tanaman pada umum nya adalah penyiraman, selalu meninjau keadaan tanah, apakah kering kerontang atau lembab, kondisi yang baik adalah lembab dan tidak basah.

2. Siangi atau cabuti rerumputan yang tumbuh di sekitar atau di area tanaman anggur, agar unsur hara yang tidak hilang termakan rerumputan, dan rerumputan yang sudah di cabut bisa di letakkan susun di atas permukaan area tanam tambahkan lagi dedaunan kering atau jerami di area tersebut hingga ketinggian 10 cm, ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah.

3.) Memberi lanjaran atau tongkat kayu di buat berbentuk persegi setinggi 1 sampai 1,5 m dan buatlah reng sebagai tempat rambatan atau bergelayutnya buah.

3.) Lakukan pemupukan setiap 6 bulan sekali,dan lakukan sebelum penyiraman, jenis pupuk yang di gunakan adalah pupuk organic yang sudah matang sebanyak 2 kg,atau bisa juga menggunakan pupuk kimia jenis M.P.K, lakukan juga perawatan terhadap daun, semprot dengan obat pembasmi hama.

5.) Pemangkasan dedaunan, pangkas bagian daun yang di rasa terlalu rimbun, pemangkasan ini bertujuan untuk meningkatkan proses produksi buah yang di hasilkan.

Baiklah itulah tadi artikel tentang Cara Budidaya Tanaman Buah Anggur, jika langkah langkah di atas di ikuti dengan baik, maka anda akan berhasil menanam tanaman anggur ini, terimakasih sudah berkunjung,semoga artikel ini bermanfaat , selamat mencoba dan Salam Media Edukatif


AdSense

0 Response to "Cara Sukses Budidaya Buah Anggur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel