Daun Katuk Berkhasiat Obat Pelancar Asi dan Demam

Daun Katuk Berkhasiat Obat Pelancar Asi dan Demam 
Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, tanaman yang biasa nya di jadikan pagar hidup ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Daun katuk (sauropus albicus) biasanya di olah menjadi sayur bening, dan rasanya sangat segar sekali, sayuran daun katuk ini sangatlah mudah ditemukan di daerah-daerah pedesaan, dan sangat mudah di dapatkan di pasar sayur atau pun di tempat perbelanjaan modern.

Di jawa timur daun katuk ini di sebut dengan nama katukan dan gerager.

Tanaman katuk ini awalnya merupakan tumbuhan liar yang habitat aslinya di hutan-hutan, dan setelah banyak masyarakat yang mengetahui akan manfaatnya maka bayak orang yang menanamnya di pekarangan atau halaman rumah mereka.

Tumbuhan daun katuk memiliki ciri-ciri daun jenis majemuk , dalam satu tangkai terdapat beberapa helai daun, batangnya berwarna hijau tua, bulat kecil sebesar pipet minuman, memiliki bunga berwarna merah yang tersusun rapi di bawah bagian tangkai daun dan bunganya jika sudah tua menjadi buah, buah katuk berbentuk bulat-bulat seperti buah cery tapi berwarana kuning kehijauan dan di dalam buah nya terdapat biji berwarna hitam, tanaman katuk dapat tumbuh hingga mencapai 2 meter.

Cara menanam tanaman katuk ini tergolong sangat mudah, anda tinggal memotong-motong batang nya kira-kira sepanjang satu jengkal kmudian tancapkan di tanah yang gembur, biasanya setelah berusia 3,5 bulan daun katuk sudah bisa di petik dan di sayur.


Selain bermanfaat untuk sayuran tanaman daun katuk juga berkhasiat obat, diantaranya adalah berguna untuk Pelancar Asi dan mengobati demam.


Resep Pelancar Asi
Adapun cara membuatnya sebagai berikut :
Bahan :
* Ambil segenggam daun katukm yang masih muda dan segar
* Segenggam daun bayam yang masih muda dan segar.
* Segenggam daun lembayung(pucuk daun kacang panjang).
* Segenggam daun sawi segar.

Cara Membuat dan Pemakaiannya :
Semua bahan-bahan di cuci hingga bersih, kemudian di potong d halus lalu di rebus dengan lima gelas air, rebus hingga mendidih setelah itu air rebusan di minum selama menyusui sehari 2 kali, dan bagian herba atau potongan potongan sayur yang di rebus tadi di makan .

Resep Mengobati Demam.
Bahan :
* Siapkan sebanyak 3,5 gram akar katuk dan cucilah hingga bersih.
* Air bersih sebanyak 100ml.

Cara Membuat dan Pemakaiannya :
Setelah bahan di atas sudah di persiapkan langkah selanjutnya rebus bahan yang sudah di siapkan menggunakan air 100 ml, rebus dengan api kecil selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu matikan api dan dingin kan diamkan hingga hangat kukuh, lalu minum kan air rebusan tadi kepada penderita demam sehari 2 kali, lakukan dengan cara yang sama, hingga 4 hari berturut-turut, jika demam tidak kunjung reda silahkan bawa ke dokter.


Demikianlah artikel Daun Katuk Berkhasiat Obat Pelancar Asi dan Demam kali ini, semoga memberi manfaat, terimakasih sudah berkunjung dan dapatkan informasi-informasi menarik lain di metif.blogspot.com, salam Media Edukatif.



AdSense

0 Response to "Daun Katuk Berkhasiat Obat Pelancar Asi dan Demam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel