Manfaat dan Khasiat Buah Alpokat

Manfaat dan Khasiat Buah Alpokat

Siapa yang tidak kenal dengan buah lezat ini,kalian pasti pernah minum es alpokat bukan ? es alpokat selain enak ,segar dan juga menyehatkan. Cocok sekali bila kita nikmati dalam keadaan hawa yang panas. Alpokat adalah buah-buahan yang ada di mana mana, lagi pula digemari hampir setiap orang, tua maupun muda.

Tetapi sayangnya buah ini tidak cocok jika di makan langsung, tetapi kita harus mengolahnya terlebih dahulu dicampur gula, susu dan es, karena rasanya memang tak menentu.
Jenis buah-buahan ini di luar negeri pun terkenal sekali, lagi puTa laris di pasaran.

Karena manfaat nya yang sangat banyak maka banyak sekali kita jumpai tanaman alpokat ditanam oleh orang di areal yang luas. Amerika Serikat adalah salah satu Negara penghasil alpokat terbesar di dunia.

Alpokat  yang banyak vitamin nya ini juga memiliki khasiat obat. Bahkan sampai sekarang pun bagian-bagian tanaman nya masih sering dimanfaatkan untuk mengobati penyakit secara sederhana.
Alpokat atau dalam bahasa asingnya disebut avo cado (Persea Americana).

Di negeri kita alpokat tergolong tanaman buah pendatang. Karena habitat aslinya adalah dari Amerika Selatan yang kemudian banyak ditanam di perkebunan orang Amerika Tengah sampai sekarang.

Khusus di Negara kita tanaman alpokat kebanyakan ditanam satu dua batang di pekarangan rumah, terutama di daerah-daerah yang berhawa agak sejuk.

Tumbuhan ini batangnya dapat mencapai tinggi sampai 12 meter lebih, dan memiliki banyak cabang.

Daun nya berbentuk lonjong bagian atas nya berwarna hijau tua dan permukaan bawahnya hijau agak keputih-putihan.

Sedangkan bentuk buah nya ada yang bulat, agak lonjong, seperti botol dan lain sebagainya tergantung pada jenis alpokat yang bersangkutan. Pada umum nya buah itu kalau masih muda berkulit hijau, kemudian bila sudah matang kulitnya berubah menjadi ungu tua.

Jika dagingnya menjadi lunak, biasanya disebabkan matangnya setelah mengalami masa pemeraman beberapa hari, di dalam buah tersimpan lah bijinya yang keras dan agak bulat.

Di Indonesia terdapat cukup banyak jenis alpokat. Misalnya saja jenis apokat yang buahnya hijau panjang, hijau bulat, hijau kemerahan. Ada lagi jenis alpokat yang warna dagingnya kekuningan, disebut alpokat mentega, jenis alpokat susu daging buahnya putih kuning.

Buah alpokat sangat mudah ditanam, pohon alpokat pada umumnya tumbuh baik di daerah yang tingginya sekitar 200 meter sampai 900 meter di atas permukaan laut, terutama di daerah daerah yang hawanya agak sejuk atau dingin.

Bagian biji yang sudah tua adalah bibitnya, ada juga  yang berupa bibit okulasi, kebun-kebun alpokat pada umumnya bagian biji yang di tanam karena dapat dilakukan dalam jumlah banyak tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Pertumbuhannya tergolong cepat, namun baru dapat berbuah pada umur 5 atau 6 .

Pemetikan buah tanpa menunggu matang di pohon, karena kalau ditunggu matang tentu akan menjadi mangsa burung, codot dan musang.

Sebaiknya buah yang sudah tua di petik dan kemudian diperam beberapa hari dalam bungkusan karung tebal.

Daging buah yang mula-mula keras kemudian setelah matang berubah menjadi lembut saat itulah buah tersebut sudah dapat dinikmati.

Buah alpokat kaya zat lemak Buah-buahan pada umumnya sudah cukup enak tanpa di beri dibumbu.

Buah alpokat tidak demikian, karena akan berasa enak  jika buah itu kita kerok dagingnya kemudian dicampur gula, sedikit kopi, susu dan tidak lupa tentunya dicampur parutan es batu, dan barulah kita merasakan betapa sedapnya es alpokat tersebut.

Konon orang barat gemar makan buah alpokat yang masih muda yang dagingnya masih keras,

Dari beberapa  jenis  buah yang kita kenal, buah alpokat adalah buah yang paling kaya akan lemak. Kadar lemaknya tidak sama besar melainkan tergantung pada jenisnya.

Lemak alpokat tergolong lemak tumbuhan lemak nabati tidak banyak asam lemak jenuhnya.

Oleh karena itu buah ini dianggap cukup aman oleh para ahli gizi untuk kita makan, tanpa menimbulkan resiko meningkatnya kadar zat kholesterol di dalam darah, atau yang dinamakan cholesterol tadi kalau terdapat banyak dalam darah kita maka akan dapat mengakibatkan sakit jantung,

Lemak yang cukup banyak pada buah alpokat di luar negeri sering disarikan dan dibuat minyak, dan minyak alpokat adalah salah satu bahan industry, sebagai bahan ramuan obat tradisional, tanaman alpokat dipakai untuk mengobati sakit ginjal maupun kencing batu.

Untuk itu bagian alpokat yang dipakai untuk bahan obat adalah dau nnya, daun itu dikeringkan, ditumbuk halus lalu direbus dan air rebusan itu diminum secara teratur.

Biasanya untuk mengobati sakit seriawan, biasanya dianjurkan banyak makan buah-buahan yang kaya vitamin C seperti alpokat, jeruk dan lain-lain.


Sekian semoga bermanfaat, salam MEDIA EDUKATIF.


AdSense

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Buah Alpokat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel