Sayur Labu Air Berkhasiat Obat

Sayur Labu Air Berkhasiat Obat
 
Sudah tahukah sobat labu air itu seperti apa ?
Apakah sobat pernah mengkonsumsi sayur labu air ?

Labu air atau dalam bahasa jawa nya sering di sebut dengan istilah waloh kendi ini sangat nikmat sekali jika di sayur asam di daerah-daerah yang memiliki iklim panas, selain untuk sayur bisa juga untuk lalapan, dengan cara di potong-potong kecil lalu di rebus atau di kukus, setelah matang angkat, diinginkan dan di makan bersama sambal terasi, rasanya sangat mantap jiwa.

Labu air sangat mudah di temukan di pasar-pasar sayuran, banyak yang sangat menggemari sayur labu air ini sehingga para pembudidaya labu air tidak pernah berhenti menanam labu air ini, sehingga keberadaan labu air selalu ada sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Labu air “Lagenaria leucantha” adalah jenis tanaman sayuran yang menjalar atau merambat, daun nya berbentuk lebar-lebar kasar dan semacam memiliki bulu-bulu halus, bunganya berwarna putih lebar seperti bunga terompet dan bagian tengahnya kuning, buahnya besar-besar memiliki panjang rata-rata 50-60cm berdiameter kurang lebih 15cm , dan melenggok-lenggok seperti guci, pada bagian dalam buah terdapat biji-biji, jika masih muda berwarna putih lunak dan jika sudah tua berwarna coklat muda dan keras.

Labu air cocok di tanam di daerah dengan ketinggian 1.500-2000m diatas permukaan laut, dan untuk menanamnya juga sangat mudah cukup masukan 2 - 3 butir biji kedalam tanah yang sudah di gemburkan, dengan kedalaman tanam 5 cm, biasanya labu air dapat merambat hingga panjang 10 m, jadi jika ingin membudidaya tanaman ini sebaiknya di sediakan lanjaran atau tongkat kayu untuk menjalar, buat dengan ukuran yang besar sehingga pertumbuhan akan leluasa dan buahnya bisa menggantung jadi akan lebih aman dari gangguan.

Pertumbuhan tanaman labu air ini sangat cepat, biasanya 3 bulan setelah tanam labu air sudah memproduksi buah yang siap panen, selai buahnya daun nya yang masih muda juga dapat di olah menjadi sayuran.

Pemetikan buah labu air sebaiknya jangan menunggu tua sekali, sebab jika ke tuaan akan keras dan jika di sayur kurang sedap, petik lah selagi masih muda dan tidak keras, mengapa tidak keras, karena jika masih muda kadar air yang terkandung di dalamnya masih 90%.

Protein labu air juga kaya akan vitamin C, vitamin A dan garam-garam mineral, bagian daun nya memiliki kadar vitamin A yang cukup besar.


Selain bisa untuk lalapan atau sayuran ternyata labu air juga memiliki khasiat obat penyakit-penyakit ringan, Sekian semoga bermanfaat, dan salam Metif Media Edukatif.


AdSense

1 Response to "Sayur Labu Air Berkhasiat Obat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel