Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo dan Bella Dada

Ciri dan Keunikan Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo dan Bella Dada

METIF Media Edukatif-Sulawesi selatan adalah sebuah  provinsi terbesar di kawasan timur , hal ini tentunya memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan dengan provinsi lain di sekitarnya. Provinsi ini juga dihuni oleh penduduk dengan latar belakang  heterogen, di antara adalah suku-suku local yang ada di daerah Sulawesi Selatan, suku tersebut diantaranya adalah suku makassar, suku mandar , dan suku bugis, suku terbanyak atau paling dominan di daerah Sulawesi Selatan adalah Suku Mandar, selain itu Sulawesi Selatan memiliki beragam kebudayaan, salah satunya terlihat dari pakaian adatnya, yaitu Baju Bodo.

Baju Bodo adalah baju tradisional dari sulawesi selatan, dimana pakaian adat ini di desain tanpa lengan panjang, metode jahitan hanya digunakan untuk menyatukan sisi kanan dan kiri kain baju, sedang untuk bagian  bahu dibiarkan polos tanpa jahitan, bagian kerah atau lubang  leher juga dibuat tanpa jahitan, untuk pakaian  bawahan adalah berupa kain sarung yang memiliki motif kotak-kotak cara pemakaiannya adalah digulung pada pinggang atau dipegang menggunakan tangan kiri, sedangkan bagian atasan baju bodo diberi lubang menggunakan gunting, lubang tersebut sebagai tempat masuknya leher,  perlengkapan lainnya dari baju bodo ini adalah  beragam pernik aksesoris seperti kepingan-kepingan logam, kalung, cincin bando emas, dan gelang.

A. Ciri-Ciri Secara Umum Baju Bodo

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Untuk Kaum Wanita Dibuat Dengan Menggunakan Bahan Kain Muslin, Sedangkan Bagi Aum Pria Di Buat Dengan Bahan Yang Lebih Tebal, Diantaranya Berupa Kain Lipa Sabbe Atau Lipa Garusuk, untuk pemilihan warna tidak ada ketentuan, untuk warna di sesuaikan dengan kesukaan si pemakainya.

Sedangkan pakaian yang di pakai oleh calon pengantin, passapu atau tutup kepala pada perlengkapan baju bella dada secara umum bahannya terbuat dari daun lontar yang dianyam dan diberi hiasan dari benang emas yang disusun, selain passapu hiasan, ada juga jenis passapu tanpa hiasan atau  polos biasa disebut passapu guru, dan passapu jenis  ini biasanya hanya dipakai  oleh para tetua kampung. Selain passapu.

B. Penjelasan tentang pakaian adat untuk kaum Pria ,Wanita dan Aksesoris Perlengkapanya.


a.     Ciri-ciri Pakaian Adat Pria
Baju adat untuk kaum pria bernama baju bella dada, pakaian tersebut di pakai bersama paroci atau celana, lipa garusuk atau sarung, dan passapu atau tutup kepal, baju bela dada memiliki model jas tutup dengan bagian lengan panjang serta menggunakan kerah serta kancing sebagai perekat. Baju bella dada ini juga sudah dilengkapi dengan kantong atau saku dibagian kiri dan kanannya.

b.     Ciri-Pakaian Adat Untuk Wanita
Pakaian adat wanita sulawesi selatan di sebut dengan nama baju bodo, baju bodo adalah baju yang di desain khusus untuk di kenakan oleh kaum wanita makassar, dan  baju bodo ini adalah merupakan pakaian adat yang resmi , dan biasanya digunakan pada acara resmi yang di adakan di makasar atau di sulawesi selatan.

Sebenarnya pakaian adat yang dimiliki oleh suku-suku lain di Sulawesi Selatan memiliki ciri serta karakteristik yang cenerung beragam, sala satunya masyarakat sulawesi selatan baju bodo dengan sebutan baju bodo gesung dikarenakan pakain ini memiliki keunikan dengan bentuk menggelembung di bagian belakang.

c.      Cara Pembuatan
Teknologi dibidang  tekstil yang telah ada sejak zaman nenek moyang Menjadikan orang suku makassar memiliki keahlian mendesain baju bodo yang dikenakan dengan begitu nyaman, Baju bodo  terbuat dari bahan kain muslin atau kain hasil pintalan kapas yang dijalin bersama benang katun. Pola ,Rongga serta kerapatan benang yang  di susun sedikit renggang dapat menjadikan kain ini terasa lebih sejuk saat dikenakan, desain baju serta bahan dari baju bodo ini sangat cocok untuk iklim wilayah makasar yang panas.

d.     Aksesoris Pakaian Adat
Adapun aksesoris yang di jadikan pelengkap dari pakaian adat ini di antaranya adalah
Keris, keris atau sering disebut pasattimpo atau tatarapeng ini adalah keris dengan kepala dan sarung terbuat dari bahan emas, sapu tangan yang biasa di sebut passapu ambara ini adalah merupakan sapu tangan yang dihias secara khusus, gelang ponto naga, gelang dengan motif naga yang terbuat dari bahan emas.

Demikian lah Penjelasan tentang Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo dan Bella Dada kali ini, semoga bermanfaat dan Salam Metif Media Edukatif


AdSense

0 Response to "Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo dan Bella Dada"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel