Ciri-ciri dan keunikan Alat Musik Provinsi Kepulauan Riau

Alat Musik Tradisional Provinsi Kepulauan Riau
Gambus, Marwas,  Biola, Rebab, Nafari dan Gambang Camar

METIF Media Edukatif- Provinsi Kepulauan Riau merupakan sebuah provinsi yang Hari jadi nya pada, 24 September 2002. Dasar hukum, UUNo.25 Tahun 2002/Ibu kota Tanjungpinang, dan alat musik yang di miliki oleh Provinsi Kepulauan Riau ini juga tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Provinsi Riau yang merupakan Provinsi Iduk.

Nah pada artikel kali ini saya akan jelaskan beberapa alat musik khas Provinsi Kepulauan Riau di bawah ini :


     1.     Gambus
Gambus adalah alat musik jenis petik yang berasal dari Kepulauan Riau, adapun Fungsi dari alat musik tersebut adalah sebagai pengiring lagu dan tarian Zapin, dan juga sering di gunakan sebagai alat musik pengiring acara syukuran atau selamatan.

Lagu-lagu yang biasanya diiringi dengan alat musik gambus ini adalah lagu-lagu islam. Agar suasana terasa lebih semarak, maka saat mengiringi lagu alat musik gambus selalu di padu dengan alat musik lainnya, diantaranya adalah marwas marwas juga sering di gunakan untuk mengiringi lalu-lagu yang berasal dari Negara Timur Tengah.

      2.     Marwas
Marwas adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di tepuk, alat musik ini mirip dengan gendang namun berukuran lebih pendek, dan alat musik marwas di setiap sisinya terdapat dua membran yang terbuat dari kulit hewan, seperti kulit kambing, dan kulit tersebut diikikat menggunakan rotan yang saling berkaitan dengan membran yang ada di sebelah nya.
Marwas ini saat digunakan sebagai pengiring lagu atau tari zapin, memainkannya selalu di padu dengan alat musik gambus.

      3.     Biola
Biola merupakan alat musik yang di mainkan dengan cara di gesek dawainya, nada yang paling rendah pada alat musik biola adalah nada G.
Alat musik biola adalah alat musik yang memiliki nada tinggi, dibandingkan alat musik sejenisnya seperti, viola dan cello.

Sedangkan jenis Alat musik gesek berdawai lainnya adalah bas.
Bas merupakan alat musik family dari viola.
Kunci-kunci musik biola kebanyakan menggunakan kunci G, biola sering di sebut juga dengan nama fiddle, sebutan biola dengannama fiddle ini jika saat digunakan sebagai pengiring lagu-lagu daerah melayu.


      4.     Rebab
Rebab merupakan alat musik penghibur diri, alat musik tersebut biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh pemain alat musik rebab itu sendiri.

Alat musik rebab juga sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu sedih atau meratok (meratap), alat musik rebab sangat penting untuk mengawali pertunjukan Mak Yong .

     5.     Nafari
Nafari adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, dan alat musik Nafari ini bentuknya mirip dengan trompet.

Adapun fungsi dari alat musik ini adalah sebagai alat musik pengiring kesenian tari tradisional, pengiring kesenian Mak Yong dan kesenian lainnya, pada jaman dahulu alat musik Nafari difungsikan sebagai alat musik yang dimainkan saat penobatan, fungsi lainnya adalah sebagai tanda terjadinya musibah seperti kematian, peperangan, bencana dan lain sebagainya.

Alat musik Nafari dari Kepulauan Riau ini terbuat dari bahan kayu, dengan panjang kurang lebih 40 cm, dan antara batang dengan lubang tiup terdapat sebuah sekat atau pembatas yang terbuat dari tempurung kelapa.
Dan terdapat semacam pita yang terbelah dua, dimana pita tersebut berfungsi sebagai vibrator bunyi atau pita suara yang menghasilkan bunyi, pita suara terbuat terbuat dari  daun kelapa muda atau ruas bambu yang sudah dikeringkan.

Di bagian ujung tempat keluarnya udara pada alat musik Napiri terdapat penampung suara dengan bentuk bujur telur serta berongga, rongga tersebut bertujuan supaya suara yang terdengar lebih besar, dan suara yang keluar dari alat musik ini terdengar meronta-ronta penuh kesedihan yang menggebu-gebu.

      6.     Gambang Camar
Gambang Camar adalah alat musik pukul berjedis xilophone yang berada di kepulauan Riau, alat musik tersebut terbuat dari bahan dasar kayu atau papan, dan sebagai resonasinya adalah papan yang di bentuk persegi panjang, lalu pada bagian tengahnya diberi 6 bilah kayu seperti papan kecil dengan berbagai ukuran, adapun fungsi dari papan kecil tersebut adalah sebagai penghasil suara, sepintas lalu alat musik ini mirip dengan Gambang Jawa, hanya saja gamelan jawa terbuat dari bahan logam atau kuningan.

Demikianlah penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Provinsi Kepulauan Riau kali ini, semoga bermanfaat dan salam METIF Media Edukatif

AdSense

0 Response to "Ciri-ciri dan keunikan Alat Musik Provinsi Kepulauan Riau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel