Fungsi Rumah Adat Provinsi Bengkulu Rumah Bubungan Lima

A.  Rumah Adat Provinsi Bengkulu Rumah Bubungan Lima

METIF Media Edukatif-Rumah Bubungan Lima adalah rumah adat tradisional dari Provinsi Bengkulu, Rumah Bubungan Lima secara umum memiliki desain rumah panggung, dan rumah panggung ini sangat aman bagi keluarga, karena dengan bentuk rumah panggung maka penghuninya akan terhindar dari binatang buas tahan banjir dan lain-lain.

Rumah jenis panggung ini hampir dimiliki oleh daerah-daerah lain di luar Sumatra seperti Kalimantan dan Sulawesi.
Rumah Bubungan Lima terbuat dari bahan kayu pilihan yang memiliki kekuatan dan kekokohan yang baik dan biasanya menggunakan jenis kayu Medang Kemuning.

Rumah Bubungan Lima terdiri dari tiga bagian utama yang diantaranya adalah :

1.        Bagian Atas Meliputi :
Atap yang dibuat dari bahan ijuk,seng, serta bambu.
Bubungan dengan beberapa bentuk. Pacu plafon yang dibuat dari papan.
Adapun Peran balok-balok yang ada di bagian atas adalah sebagai  penghubung antara tiang-tiang yang ada di bagian atas. Kap adalah kerangka untuk menempel kasau. Kasau digunakan sebagai mendasi reng, Reng untuk menempelkan atap, listplang, suyuk atau usuk , serta penyunting.

2.        Bagian Tengah Meliputi :
Kusen yang merupakan kerangka daun pintu dan daun jendela, Dindingnya terbuat dari bahan kayu berupa papan ataupun pelupuh, daun Jendela memiliki dua model desain yaitu desain biasa dan desain ram, daun pintu juga sama desain biasa dan desain ram.

Tulusi atau angina-angin (ventilasi udara) yang berada di bagian atas jendela atau pintu dan terbuat dari bahan kayu yang dihiasi berbagai ragam ornament dan ukiran. Tiang penjuru  atau dalam istilah Bengkulu bernama piabung adalah merupakan tiang penjuru halaman, tiang tengah. Bendu adalah sebuah balok yang melintang di sepanjang dinding Rumah Bubungan Lima.

3.        Bagian Bawah Meliputi :
Di bagian bawah berupa lantai yang terbuat dari bahan papan, bambu, atau pelupuh. Geladak yang terdiri dari papan dengan ukuran 8 dim serta lebar 50cm, dan Geladak ini dipasang di sepanjang dinding luar Kijing merupakan penutup balok pada bagian pinggir sepanjang keliling dinding dan pemasangannya dari bagian luar rumah. Balok ukuran besar adalah bahan kerangka untuk lantai yang memanjang ke depan. Tailan balok memiliki berfungsi untuk menempatkan lantai.
Blandar adalah bagian penahan talian yang dibuat melintang.

Bedu merupakan sebuah balok yang diletkkan diatas dan berguna untuk tempat meletakkan rel. Bidai dari bahan bambu tebal dan dipasang dengan posisi melintang dari papan lantai, pada zaman perang dahulu bidai berguna untuk mempertahankan diri dari tusukan musuh dari bawah rumah.
Pelupuh kamar tidur posisinya  sejajar dengan papan lantai bagian atas.
Lapik tiang adalah berupa batu pondasi yang diletakkan di bagian bawah setiap tiang rumah. Tangga untuk masuk rumah yang berada di bagian depan dan belakang rumah.

B. Fungsi atau Kegunaan Rumah Bubungan Lima

Pada zaman dahulu secara umum Rumah Bubungan Lima ini difungsikan sebagai tempat tinggal bagi keluarga, terapi juga sering di fungsikan sebagai acara-acara adat bagi masyarakat Bengkulu.

Berdasarkan susunan tata ruang Rumah Bubungan Lima memiliki peran atau fungsi sebagai berikut :

* Ruangan Berendo memiliki fungsi sebagai ruang tamu, dan biasanya sebagai tempat menerima tamu yang belum dikenal, atau tamu-tamu yang memiliki keperluan sebentar, selain itu juga difungsikan sebagai tempat bersantai, serta tempat bermain bagi anak-anak.

* Ruangan Hall adalah kebalikan dari ruang Berendo, Hall difungsikan untuk menerima tamu yang sudah dikenal secara baik, bisa berupa keluarga dekat ataupun orang yang hormati, selain itu juga difungsikan sebagai tempat berkumpul dengan keluarga dan terkadang juga dijadikan sebagai tempat kenduri atau selamatan keluarga.

* Ruangan Bilik Gadis, ruangan ini biasanya hanya di miliki bagi keluarga yang memiliki anak gadis, dan berfungsi sebagai tempat beristirahat (kamar) serta tempat bersolek , posisi ruangan ini berdekatan dengan bilik gedang, hal ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan bagi anak gadis yang tinggal di rumah tersebut.

* Ruangan Bilik Gedang memiliki fungsi sebagai Bilik Gedang atau bilik induk adalah, biasanya ruangan ini digunakan sebagai (kamar) bagi kepala keluarga dan anak-anak yang masih kecil.

* Ruang Tengah, ruangan ini biasanya tidak terdapat satu pun perabot, pada bagian sudutnya disediakan beberapa helai tikar yang memiliki kegunaan sebagai ruang menerima tamu bagi kaum wanita, atau ibu rumah tangga atau keluarga dekat selain dari itu juga difungsikan sebagai ruang tempat mengaji, jika dirumah tersebut tidak memiliki anak gadis maka ruangan ini juga dapat difungsikan bagai nak laki laki atau anak bujang.

* Ruang Makan, seperti namanya ruangan ini difungsikan sebagai tempat makan bagi keluarga, selain untuk keluarga juga dapat di gunakan untuk ruang makan bagi tamu atau keluarga dekat, untuk rumah yang memiliki ukuran kecil biasanya ruangan ini tidak tersedia, dan jika makan biasanya diruangan tengah.

* Ruangan Garang, garang adalah tempat menyimpan persediaan air, selain itu juga difungsikan sebagai tempat mencuci peralatan dapur serta mencuci tangan atau kaki sebelum masuk rumah.

* Ruangan Dapur adalah ruangan yang difungsikan sebagai tempat memasak (Ruangan untuk memasak).

* Ruangan Berendo Belakang, Berendo Belakang atau Serambi belakang, adalah tempat bersantai bagi keluarga ataupun kaum wanita pada siang atau sore hari, tempat santai atau mengobrol. Dan pada ruangan ini juga terdapat sejumlah literatur yang menjelaskan sejarah rumah adat bubungan lima.

Jadi kesimpulannya Rumah Bubungan Lima bukanlah rumah yang memiliki fungsi utama sebagai tempat tinggal bagi masyarakat secara umum, namun fungsi dari Rumah Bubungan Lima ini lebih digunakan sebagai tempat acara-acara  ritual-ritual adat atau acara khusus lainnya, seperti penyambutan tamu, kelahiran, perkawinan, kematian dan lain-lain.

Demikian artikel tentang Fungsi Rumah Adat Provinsi Bengkulu Rumah Bubungan Lima kali ini semoga bermanfaat dan salam Metif Media Edukatif.

AdSense

0 Response to "Fungsi Rumah Adat Provinsi Bengkulu Rumah Bubungan Lima"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel