Pengertian Produksi, Produsen, Distribusi, Konsumen, Distributor, Konsumsi dan Pedagang

Pengertian Produksi, Produsen, Distribusi, Konsumen, Distributor, Konsumsi dan Pedagang

Istilah-istilah di atas merupakan istilah yang sering kita jumpai pada kegiatan-kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar kita, hal ini perlu kita ketahui agar kita mudah dalam membedakan apa pengertian dari masing masing istilah tersebut.

Baiklah mari kita simak penjelasannya di bawah ini ;

      1. Produksi :
Produksi adalah sebuah kegiatan, yang di kerjakan dalam rangka mengolah barang mentah atau barang baku, menjadi barang jadi dan dapat menambah nilai guna suatu benda atau barang, atau menciptakan benda baru sehingga benda tersebut lebih bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan, serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
Contoh : Sebuah pabrik pengolahan benang memproduksi kapas menjadi kain sebagai bahan pakaian.

      2. Produsen :
Produsen adalah Orang yang membuat atau menghasilkan suatu barang, sehingga barang tersebut siap untuk dipasarkan kepada konsumen atau disalurkan oleh distributor.
Contoh : seorang pengrajin butik, memproduksi beraneka ragam pakaian jadi seperti kemeja, celana panjang, jas dan lain-lain.

      3. Distribusi :
Kegiatan Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang ke berbagai tempat misalnya ke warung, toko, super market, mall dan lain-lain dan ini merupakan salah satu aspek pemasaran.

      4. Konsumen :
Konsumen adalah orang yang menggunakan atau memakai barang hasil produksi, atau siapapun yang menggunakan barang yang tersedia dalam masyarakat.
Contoh : Orang yang membeli makanan, pakaian atau barang lainnya guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

      5. Distributor :
Orang yang melakukan kegiatan atau menyalurkan barang, ke pusat-pusat perbelanjaan, atau orang yang bertugas mendistribusikan barang-barang kepada Pedagang.

      6. Konsumsi :
Konsumsi adalah suatu penggunaan barang hasil produksi yang langsung dapat memenuhi kebutuhan hidup secara langsung, atau kegiatan mengurai atau menghabiskan daya guna suatu benda.
Contoh : Seorang ibu membeli beras dan bahan sayuran untuk dimasak.

     7. Pedagang :
Pedagang adalah sebuah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen secara langsung, sehingga konsumen dapat langsung memanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhannya.
Contoh : Seorang penjual menjual berbagi macam barang kebutuhannya kepada konsumen.

Demikian artikel tentang Pengertian Produksi, Produsen, Distribusi, Konsumen, Distributor, Konsumsi dan Pedagang kali ini semoga bermanfaat dan salam METIF – Media Edukatif



AdSense

0 Response to "Pengertian Produksi, Produsen, Distribusi, Konsumen, Distributor, Konsumsi dan Pedagang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel