Fungsi dan Keunikan Rumah Adat Provinsi Kalimantan Barat

Rumah Panjang atau Rumah Radakng

METIF Media Edukatif-Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, Provinsi yang didominasi oleh suku Dayak ini dahulunya merupakan kelompok masyarakat atau suku yang hidup secara secara komunal dan tinggal didalam satu rumah yang cukup besar serta dan salutnya lagi mereka juga mencari nafkah atau makanan secara bersam-sama, dan segala sesuatu selalu dikerjakan bersama-sama secara bergotongroyong, luar biasa banget bukan ?

Namun dengan perkembangan jaman yang datang begitu pesat membuat kebudayaan asli masyarakat Kalimantan Barat sedikit mengalami pergeseran. Lalu seperti apa Struktur desain, ciri-ciri, filosofi dan fungsi dari rumah adat Kalimantan Barat Rumah Panjang atau Rumah Radakng selengkapnya? mari kita simak penjelasannya berikut ini :

I.  Struktur Desain Bangunan Rumah Panjang Kalimantan Barat
Struktur desain dari bangunan Rumah Panjang Kalimantan Barat ini berbentuk seperti rumah panggung yang didirikan dengan beberapa tiang penyangga yang lumayan cukup tinggi, desain rumah panggung Kalimantan Barat ini juga memiliki tujuan agar penghuni rumah terhindar dari bahayanya binatang buas dan lain-lain, Rumah Panjang Kalimantan Barat ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu sesuai dengan namanya rumah panjang  tersebut memang berukuran panjang, dan panjangnya kebelakang mencapai hingga 180 sampai 200 meter, sedangkan lebarnya sendiri hanya 6 meter dan tingginya mencapai 8 meter dari permukaan tanah.

Sedangkan bahan yang di gunakan untuk membuat rumah ini adalah kayu ulin, dimana kayu ulin ini tergolong kayu terbaik di dunia, dan di Indonesia hanya ada di Pulau Kalimantan, selain kuat kayu ulin juga tergolong kayu yang tahan terhadap air, sedangkan atap Rumah Panjang sendiri terbuat dari atap ijuk, namun sekarang sudah beralih ke atap genting dari bahan tanah.

Pada jaman dahulu Rumah Panjang Kalimantan Barat ini di bangun di tengah hutan, dan merupakan lokasi yang sangat rawan terhadap serangan-serangan binatang buas secara tiba-tiba,  untuk menghindari ancaman tersebut Rumah Panjang ini di lengkapi dengan tiang di bagian depan rumah, dan tangga tersebut di buat kecil dan sempit, hal tersebut bertujuan untuk menyulitkan binatang buas yang hendak naik Kerumah Panjang tersebut.

II.  Ciri Serta Nilai Filosofi Rumah Panjang Kalimantan Barat
Rumah Panjang yang di desain dengan ukuran yang cukup panjang ini, secara adat memiliki arti atau Nilai-nilai Filosofi yaitu masyarakat suku dayak sangat mencintai kerukunan, di Rumah Panjang ini lah semua masyarakat suku Dayak dapat dirangkul dan hidup rukun serta bergotongroyong dan selaras pula antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum.

III.  Fungsi Rumah Panjang Provinsi Kalimantan Barat
Selain berfungsi sebagai icon budaya,tempat tinggal, rumah adat Kalimantan Barat ini berdasarkan fungsi-fungsi atau kegunaannya digolongkan menjadi beberapa bagian, berikut penjelasanya ;

1.     Ruang Pante
Ruang Pante adalah merupakan ruang  berupa teras yang berada di bagian depan, adapun fungsi bagian teras tersebut adalah untuk bersantai bagi keluarga.

     2.     Ruang Samik
Ruangan Samik ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah ini, selain itu juga berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi penghuni Rumah Panjang ini, di ruangan Samik ini dilengkapi dengan meja (pane) seperti dipan dengan bentuk persegi 3m x 3m, dan tinggi nya setengah meter, selain sebagai tempat duduk pane ini juga berfungsi sebagai tempat tidur bagi tetamu yang akan menginap di Rumah Panjang ini.

      3.     Ruang Bilik
Ruangan bilik atau kamar ini berukuran sekitar 6m x 6m dan fungsi dari Bilik ini adalah sebagai tempat beristirahat atau kamar tidur, sedangkan jumlah bilik itu sendiri disesuaikan dengan jumlah anggota atau penghuni yang mendiami Rumah Panjang ini.

      4.     Ruang Uakng Mik
Uakng Mik (dapur) merupakan ruangan yang berada di bagian belakang  Rumah Panjang , dan difungsikan sebagai tempat para kaum wanita mengolah bahan makanan yang nantinya akan dihidangkan untuk anggota keluarga yang mendiami Rumah Panjang ini.



Nah itulah tadi penjelasan tentang rumah adat Kalimantan Barat, Rumah Panjang, sungguh luar biasa sekali bukan ?...  saya ingat betul dahulu sekitar tahun 1990 saya juga pernah berkunjung ke Rumah Panjang jenis ini. Kebetulan sanak saudara saya juga banyak di Kalimantan Barat,Tengah dan Selatan. Demikian lah semoga bermanfaat dan Salam METIF Media Esukatif.
AdSense

0 Response to "Fungsi dan Keunikan Rumah Adat Provinsi Kalimantan Barat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel