Menelaah Beberapa Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Gejala Alam Biotik dan Abiotik

       Didalam kehidupan sehari-hari kita selalu di hadapkan dengan beberapa gejala alam, yang terkadang tanpa kita sadari, dan terkadang kita tahu tetapi kita tidak punya waktu untuk meneliti beberapa gejala yang kita jumpai tersebut.
Gejala-gejala alam yang terjadi di alam kita terbagi menjadi dua yaitu gejala alam biotik dan abiotik, apasih pengertian dari dua contoh gejala alam tersebut mari kita bahas pada artikel berikut ini.
I.  Gejala Alam Biotik
Gejala Alam Biotik adalah sebuah gejala alam atau peristiwa alam yang timbulnya di sebabkan oleh interaksi yang di lakukan oleh kelompok makhluk hidup biotik di dalam ekosistem, gejala-gejala tersebut dapat kita jumpai pada peristiwa alam seperti timbulnya virus atau hama yang menyerang tanaman, virus flu burung, tumbuhnya jamur parasit pada tanaman yang menyebabkan tanaman mati tiba-tiba.

 
Berikut ini gambar yang hama dan jamur parasite yang menyerang tumbuhan, virus Flu Burung yang menyerang ekosistem hewan

a. Hama dan Jamur Yang Menyerang Tanaman dan virus flu burung
    Hama dan Jamur Yang Menyerang Tanaman ini merupakan contoh peristiwa alam biotik dan terjadi di tempat-tempat yang dekat dengan pemukiman tempat membudidaya tanaman tersebut, dan penyebab dari kejadian ini adalah karena terjadinya perusakan atau pembunuhan secara alami atau melalui pestisida terhadap musuh alamiah dari hama serta jamur perusak tersebut.


Begitu pula virus flu burung H5N1 yang biasanya kemunculannya disebabkan akibat  mutasi genetik pada semua jenis hewan unggas, baik itu ayam ternak burung liar atau peliharaan dan lain-lain. Begitu pula virus flu burung H5N1 yang biasanya kemunculannya disebabkan akibat  mutasi genetik pada semua jenis hewan unggas, baik itu ayam ternak burung liar atau peliharaan dan lain-lain. Dan hewan-hewan yang tengah memutasi genetic sekaligus menularkan virus yang tidak dapat dikendalikan oleh fisik hewan tersebut sehingga mengakibatkan unggas mati, dan virus tersebut juga dapat menyerang manusia.
2.  Gejala Alam Abiotik
Gejala abiotik ini adalah berupa peristiwa yang timbul akibat interaksi antar
komponen abiotic di dalam sebuah ekosistem.
Dan peran lingkungan terhadap peristiwa tersebut terbilang nyaris tidak ada
Beberapa contoh jejala alam abiotik sangat banyak kita jumpai , diantaranya
gunung meletus, hujan badai ,tsunami dan lain-lain.

b. Gejala Alam Abiotik Contohnya Gunung Meletus dan Tsunami

Salah satu contoh gejala alam abiotik adalah sebuah peristiwa gunung meletus. Gunung meletus merupakan fenomena alami yang terjadi akibat adanya dorongan endapan magma dari perut bumi oleh gas dengan tekanan tinggi yang biasanya terjadi pada gunung berapi. Dan peristiwa ini dapat menimbulkan kerugian secara material, harta maupun jiwa, namun di balik itu semua tanah yang pernah disemburkan gunung meletus itu lama kelamaan justru akan bermanfaat sebagai lahan pertanian, karena tanah bekas letusan gunung tersebut sangat subur.

Tsunami adalah gejala alam yang terjadi akibat pergeseran lempeng bebatuan yang berada di dasar laut, dan pertemuan antar lempengan tersebut mengakibatkan sebuah tumbukan yang sangat dan membuka cekungan besar di dasar laut sehingga air laut surut dalam beberapa saat mengisi cekungan tersebut secara cepat hingga penuh sehingga menghasilkan gelombang berkecepatan tinggi lalu gelombang itu akan menuju daratan dan merusak segala yang ada di daratan tersebut, hal ini juga dapat menimbulkan kerugian secara material, harta maupun jiwa.

Nah itulah tadi sebuah artikel tentang peristiwa alam Beberapa Gejala Alam Biotik dan Abiotik, semoga bermanfaat dan salam METIF Media Edukatif
AdSense

0 Response to "Menelaah Beberapa Gejala Alam Biotik dan Abiotik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel