Contoh dan Manfaat Media Edukatif Untuk Mendukung Belajar Anak

Contoh dan Manfaat Media Edukatif

Jika kita amati dan kita teliti baik-baik bahwa anak merupakan pribadi yang memiliki keunikan, dan terkadang kita tidak menyadari itu, Media Edukatif merupakan sekumpulan peralatan permainan yang terdiri dari berbagai macam model, dan mainan-mainan tersebut dapat kita jadikan sebagai media yang dapat kita jadikan sebagai penarik minat belajar bagi anak terutama anak di usia dini yang masih menyukai pernak-pernik permainan.

Berbagi macam Media Edukatif yang nantinya kita berikan kepada anak diharapkan dapat menarik minat anak untuk untuk belajar dengan permainan-permainan yang sedang mereka mainkan, tanpa disadari bahwa anak tersebut sedang melakukan aktivitas belajar dengan pola belajar sesuai tumbuh kembang diusianya, sebab pelajaran awal anak-anak memanglah  bermain dan sesuai tumbuh kembang mereka, jadi peran orang tua adalah turut mendukung dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan anak disetiap tahap perkembangannya, seperti halnya membuatkan permainan-permainan anak yang tidak disadari akan menambah kemampuan serta kreatifitas anak kita.

Ini merupakan topic yang menurut saya sangat bagus, dan semoga admin dapat terus mengembangkan pengetahuan-pengetahuan tentang Media Edukatif di masa yang akan datang.

Banyak yang masih kesulitan menemukan peralatan-peralatan Media Edukatif , padahal benda apa saja dapat kita jadikan sebagi Media Edukatif bagi anak asalkan kita pandai mengaplikasikannya dengan baik, dan yang perlu diingat lagi bahwa peralatan atau bahan Media Edukatif yang akan kita berikan kepada anak haruslah yang aman dan tidak membahayakan bagi Anak kita. Peralatan Media Edukatif tidak harus mahal,  kita juga dapat ciptakan sesuai dengan kreatifitas kita sendiri, dan dapat juga kita membelinya di toko-toko yang menyediakan peralatan-peralatan Edukatif, namun sesuai dengan perkembangan jaman, media elektronik pun dapat juga digunakan sebagai Media Edukatif yang cukup mendukung, itupun harus tepat sasaran dalam menggunakannya.

Nah berikut ini ada beberapa contoh Media Edukatif  sederhana yang murah dan mudah didapatkan media ini dapat difungsikan sebagai pendukung minat belajar dengan pendekatan bermain.
1.     Ular tangga, catur, puzzle, lego, menyusun balok peralatan edukatif tersebut dapat mengasah dan merangsang otak dalam hal keterampilan berpikir, melatih daya ingat serta imajinasi anak.
2.    Olah raga sepak bola, lompat tali, melempar bola, bermain kasti.
Permainan tersebut sedikit membutuhkan areal yang cukup luas, adapun manfaat dari permainan-permainan tersebut adalah selain dapat menyehatkan tubuh dan juga fisik anak, juga dapat menjadikan anak kita tampak energik dan selalu bersemangat menjalani aktivitas kesehariannya.
3.     Bermain jual-jualan, bermain petak umpet, bermain kelereng, permainan peran misalnya guru-guruan dan ada yang menjadi murid, Permainan tersebut dapat melatih anak dalam bersosialisasi dengan temannya dan juga menambah kemampuan anak atau siswa dalam keterampilan berfikir dan berbicara dengan baik. Permainan tersebut biasanya dilakukan secara berkelompok.
4.    Bermain peran atau bisa disebut drama, Permainan tersebut dapat melatih serta membentuk kepribadian serta tanggung jawab.
Jika kita lihat empat contoh di atas adalah permainan yang sering sekali kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, namun masih banyak yang tidak menyadari bahwa permainan-permainan tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan anak, tugas kita sebagai orang tua hendaknya sebagai wasit yang sembari memberi teguran atau mengarahkan jika ada permainan yang dimainkan dengan tidak semestinya.

Nah itu lah beberapa penjelasan singkat tentang pentingnya Media Edukatif bagi anak-anak kita, terus kunjungi metif.blogspot.com untuk mendapatkan tips-tips menarik lain tentang Media Edukatif semacam ini, sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan salam METIF-Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Contoh dan Manfaat Media Edukatif Untuk Mendukung Belajar Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel