Alat Musik Tradisional DKI Jakarta – Tehyan

Alat Musik Tehyan 


Sahabat Metif-Media Edukatif  dimanapun berada,  Tehyan adalah alat musik khas dari daerah DKI Jakarta atau suku Betawi. Pada mulanya alat musik tehyan berasal dari Negara China yang kala itu di bawa oleh para pendatang dari keturunan Thiong Hua yang menetap di Negara Indonesia, dan hal itu menjadikan ada beberapa orang yang masih belum tahu jenis alat musik ini, dan ada diantara mereka yang masih bertanya-tanya apa sih Tehyan itu ? dan yang lebih menjadi momok lagi adalah kini sebagian besar masyarakat asli jakarta Betawi masih banyak yang belum mengenal alat musik langka tersebut. Padahal alat musik tehyan ini termasuk alat musik antik dan langka, yang kelestariannya seharusnya tetap di jaga.

Alat musik tradisional Tehyan ini ada tiga jenis, diantaranya adalah jenis  Sukong, Jenis Kong Ahyan dan Tehyan, adapun perbedaan yang paling menonjol dari ketiga jenis alat musik ini adalah terdapat pada bentuk serta ukurannya yang berlainan. Bila kita perhatikan jenis Sukong memiliki ukuran paling serta memakai nada dasar “G” dan desibel suaranya berupa suara Bas,  Jenis Kongahyan adalah jenis dengan ukuran terkeil dan menggunakan nada dasar “D” jenis suara Melody. Sedangkan yang berjenis  Tehyan atau biasa disebut juga dengan nama Rythem ini memiliki ukuran menengah dan nada dasar yang dipakai adalah nada“A”.

Seiring perkembangan jaman, kini alat musik ini sudah jarang sekali di temukan, terkadang sesekali di tampilkan saat ada acara kebudayaan daerah Betawi, seperti halnya saat ada pertunjukan Ondel-Ondel , Gambang Kromong, dan Lenong Betawi.

Pada jaman sekarang sudah sangat jarang sekali yang bisa memainkan alat musik Tehyan ini, kalaupun ada hanya bisa dihitung dengan jari, dan rata-rata mereka sudah tua, kendatipun ada anak muda yang sudah mulai belajar memainkan alat musik tersebut namun tidak banyak yang dapat menguasai dengan baik, hal tersebut mungkin dikarenakan perkembangan alat musik modern kian pesat, sehingga turut menggeser popularitas alat musik tradisional tehyan tersebut,  mudah-mudahan kedepan alat musik tersebut semakin dikenal oleh kalangan muda Betawi maupun masyarakat di daerah-daerah lain, agar warisan budaya ini dapat tetap lestari.


Nah sekian dulu penjelasan tentang alat musik khas DKI Jakarta Tehyan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam Metif Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Alat Musik Tradisional DKI Jakarta – Tehyan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel