Alat Musik Tradisional Provinsi Banten

Alat Musik Kendang atau Gendang Banten

Sahabat Metif-Media Edukatif  dimanapun berada, Gendang merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul, Alat musik gendang ini terbuat dari bahan kayu dimana terdapat membran yang terbuat dari kulit hewan pada setiap sisinya, untuk ukuran alat musik gendang ini pun terbilang bervariasi mulai dari yang berukuran besar, sedang hingga kecil, adapun gendang dengan ukuran besar dan sedang biasanya di sebut dengan nama Redap, sedangkan gendang dengan ukuran kecil disebut dengan nama Rebna.

Alat musik gendang ini di pulau jawa sudah sangat popular, selai di Banten Gendang juga dikenal di daerah lain seperti Jawa Barat.

Alat Musik Tradisional Dogdog Lojor
Alat musik tradisional Dogdog Lojor juga merupakan alat musik pukul yang di buat dari bahan kayu dan berbentuk bulat, cara memainkannya biasanya di tepuk menggunakan telapak tangan, sedangkan nama dogdog itu adalah sebutan untuk suara alat musik tersebut, sebab jika di tepuk maka suaranya akan terdengar dog..dog…dog…, sedangkan lojor memiliki arti panjang, dengan demikian jika di rangkai maka alat musik ini memiliki arti dogdog panjang.


Pada umumnya alat musik dogdog panjang ini terbuat dari bahan kayu dengan panjang mencapai 90cm, pada bagian tengah kayu tersebut di beri lubang suara dan lubang itu dibagi lagi menjadi tiga ruas dengan ukuran diameter lubang yang berbeda beda, sehingga dengan begitu suara dogdog bisa disesuaikan dengan keinginan kita.


Selanjutnya pada bagian sisinya di tutup menggunakan membran yang terbuat dari bahan kulit kambing yang telah dibersihkan dan siap pakai, selanjutnya kulit tersebut diikat menggunakan tali bambu, selain dogdog biasanya alat musik ini dimainkan bersama alat musik lain seperti angklung yang terbuat dari bahan bambu.   

Alat musik Dogdog Lojor sering digunakan oleh masyarakat Banten atau suku Baduy saat sedang mengadakan upacara adat tradisional menghormati para leluhur atau nenek moyangnya. Tidak itu saja, alat musik ini biasanya juga di gunakan untuk mengisi hiburan pada saat diselenggarakan acara pesta rakyat, dan lain-lain.

Dogdog lojor juga digunakan untuk mengiringi beberapa  tarian khas Banten saat mengadakan upacara adat serta ritual-ritual khusus bagi masyarakat suku pedalaman Baduy, adapun keberadaan suku tersebut berada di pedalaman Lebak Selatan, adapun upacara adat tersebut dinamakan ritual Teren Taun.


Demikianlah penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Provinsi Banten dikesempatan kali ini, semoga menjadi penambah wawasan para pembaca sekalian, sekian dan salam Metif Media Edukatif.
AdSense

0 Response to "Alat Musik Tradisional Provinsi Banten"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel