Delima Putih Buah Berkhasiat Obat

Delima Putih Buah Berkhasiat Obat
Walaupun dari luar nampak seperti jambu biji, dan memiliki warna yang menggoda , tetapi sebenarnya tanaman ini lebih cenderung sebagai tanaman obat.


Kebanyakan buah delima ini digunakan untuk meracik obat atau jamu tradisional, buah delima ini tidak di konsumsi seperti buah cuci mulut pada umumnya, karena rasanya asam dan sepat, tetapi ada juga beberapa orang yang menjadikan buah ini sebagai campuran rujak.

Dalam bahasa latin nya ini di sebut granat atau  Punica granatum, mengapa demikian ? karena bentuk buah yang bulat dan masih menyisakan kelopak bunga pada bagian bawah nya, sehingga buah ini mirip sekali dengan granat.

Tanaman delima ini sudah banyak tersebar di kalangan masyarakat, ada juga yang menjadikan buah ini sebagai tanaman hias di halaman rumahnya, buah ini tidak memiliki kegunaan yang cukup bayak di sisi konsumsi, tetapi di sisi bahan obat, buah ini tetap menjadi idola sejak jaman nenek moyang,

Delima bukan merupakan tanaman khas dari Indonesia, tetapi delima ini dulunya sengaja di bawa oleh para pedagang dari bangsa Persia yang sering melakukan perjalanan dagang ke negeri timur.
Dan konon Negara asal buah delima ini adalah Iran.

Karena buah ini berkhasiat obat maka buah delima kini sudah cukup banyak di tanam oleh masyarakat Indonesia, dan tanaman ini ternyata sudah banyak di temukan di Negara-negara beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Delima bahasa latin nya Punica granatum tergolong tanaman semak, dengan ketinggian pohon bisa mencapai 4 meter, memiliki cabang yang sangat banyak tetapi daun nya tidak begitu rindang, daun berbentuk lonjong kecil-kecil dan mengkilap.

Bagian permukaan bunga delima ini sangat beragam ada yang memiliki permukaan berwarna kuning dan ada pula yang berwarna putih semua tergantung pada jenis delima yang di tanam.

Warna buah delima juga bermacam macam, ini karena buah delima memang memiliki jenis yang beraneka ragam, ada yang berwarna hijau tua, kekuning-kuningan, kemerah-merahan dan ada juga yang ke ungu-unguan,buah atau daging nya berbentuk butiran butiran hampir seperti butiran jagung, bedaya delima memiliki warna transparan bening, bagian bijinya tersembunyi di dalam setiap butiran buah delima ini.


Di Indonesia sekurang kurangnya terdapat  3 jenis tanaman delima yang di tanam oleh masyarakat kita, jenis tersebut di antaranya :

*Delima merah, di sebut delima merah karena memiliki ciri-ciri berwarna merah, warna bunganya juga merah dan bagus, bagian dagingnya berwarna merah tua.

*Delima susun, disebut delima susun karena bunganya bersusun susun dan berwarna merah pula.

*Delima Putih, nah jenis yang satu ini adalah jenis yang paling
banyak dipakai sebagai bahan obat , delima putih memiliki warna bunga putih, tetapi dagingnya berwarna agak pink atau merah muda jernih.

Baca Juga :

Tanaman delima tanaman ini tidak cocok pada tanah yang terkesan basah.

Tanaman delima sangat cocok di tanam di tanah yang tidak memiliki kadar air yang banyak, atau di daerah panas dengan tingkat musim
kemaraunya lama, akan lebih baik jika di tanam di daerah  dataran rendah 1.000m sampai 1.200m dpl,

Tanaman delima ini awalnya saja terasa agak sulit tumbuhnya, bahkan tidak jarang tumbuhan ini mati sebelum berbuah, tetapi jika sudah berusia 3 tahun dan sudah mau tumbuh subur bagus, justru pertumbuhannya akan mengamuk dan buahnya juga bisa banyak sekali dan justru terus-menerus berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musiman.

Bibit buah delima akan lebih baik jika dari hasil stek maupun hasil cangkokan, karena akan memungkinkan buah delima cepat berbuah.

Bagi mereka yang suka rujak, buah delima ini sangat cocok bila dipakai sebagai salah satu bahannya, karena rasanya yang asam-asam menyegarkan, ada pula yang sepat karena mengandung  zat samak.


Di Negara asalnya sana, buah yang bagi kita tidak begitu bermanfaat ini, justru dapat diolah menjadi sejenis minuman beralkohol, ada juga yang dibuat untuk sari buah maupun campuran sirup, dan untuk ramuan obat-obat tradisional,jenis yang banyak dipakai adalah delima putih.

Karena mengandung zat samak, kulit buah delima putih sering sekali dimanfaatkan untuk mengobati sakit mejen, begitu pula buahnya yang masih muda,dengan dicampur madu, dan sedikit air dan kemenyan dan ditumbuk sampai halus lalu di peras di ambil airnya, kemudian hasil perasan nya diminum secara teratur.

Dapat di jadikan sebagai obat cacing, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak yang menderita cacingan, dan akar tanaman nya yang digunakan sebagai bahannya.

Cara pembuatan nya  sebanyak 1 genggam akar delima putih di potong-potong kemudian dicampur segelas air dan gula merah lalu direbus sampai airnya tinggal 2/3 gelas, jika sudah di angkat di saring  dan biarkan dingin dan ramuan ini baru di minum keesokan harinya, jadi tidak langsung di minum hari itu juga.

Bagian bunga delima putih juga berkhasiat dapat menurunkan berat badan bagi mereka yang kegemukan, cara membuatnya bunga-bunga itu di remas-remas dengan menggunakan air  hangat secukupnya, lalu saring airnya dan diminum ½ gelas secara teratur tiap hari pagi siang dan sore, untuk pengobatan  penyakit disentridiare dan terserang cacing tambang masih sering diobati dengan menggunakan ramuan yang bahannya berupa akar atau buah delima.


Sekian artikel saya tentang manfaat Delima Putih Buah Berkhasiat Obat, semoga bermanfaat, salam Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Delima Putih Buah Berkhasiat Obat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel