Rahasia Sukses Budidaya Jambu Madu 2018

Cara Sukses Budidaya Jambu Madu

         Baru-baru ini jambu madu mulai dikenal di kalangan masyarakat, jambu madu memiliki rasa yang berbeda dibandingkan jenis jambu air lainnya, dengan demikian banyak orang yang ingin membudidaya tanaman jambu madu ini di halaman atau di kebun milik mereka.

Jambu madu adalah jenis jambu air seperti pada umumnya, namun pada posting kali ini yang akan saya bahas adalah cara budidaya jambu madu.

Ada tiga jenis jambu madu yang beredar di kalangan masyarakat, diantaranya adalah :

1.  Jenis Jambu Madu Kesuma Merah :
Seperti namanya, jambu madu Kesuma Merah memiliki warna merah yang khas, dan memiliki ciri-ciri pada bagian dalam buah jambu madu Kesuma Merah ini tidak terdapat biji, dagingnya lebih padat dan memiliki tingkat kelapukan yang tinggi, sehingga buah ini susah untuk di pecah, jambu madu Kesuma Merah memiliki memiliki postur batang yang lebih besar di bandingkan dengan jambu madu Deli Hijau, dan proses berbuah mencapai 1 hingga 1,5 tahun sejak pertama tanam,dan agak lebih lama di banding jambu madu Deli Hijau yang memiliki waktu berbuah kurang dari 1 tahun sejak penanaman.

2.  Jenis Jambu Madu Deli Hijau :
Jenis jambu madu Deli Hijau memiliki warna hijau yang segar, dan menurut penelitian jambu madu Deli Hijau ini memiliki rasa manis yang sangat tinggi di bandingkan dengan jenis jamu madu lainnya,selain itu jambu madu Deli Hijau lebih cepat berbuah, untuk penanaman bibit yang usianya 4 bulan,dengan perawatan standar saja  maka jambu madu Deli Hijau akan berbuah 5 bulan setelah penanaman, tetapi jambu madu Deli Hijau ini memiliki ukuran lebih kecil dari jambu madu Deli Hijau jenis lainnya.


Baca Juga :


3. Jenis Jambu Madu Super Green :
Jambu Madu Super Green, seperti namanya jambu madu ini memiliki ukuran buah yang sangat besar bisa mencapai diameter 5-7 cm, dan biasanya dalam 1kg nya berjumlah 3 sampai 4 buah saja, jambu Madu Super Green memiliki warna hijau seperti jambu madu Deli Hijau, namun jika sudah tua Jambu Madu Super Green memiliki warna hijau kekuningan, dan memiliki rasa yang manis dari ujung hingga pangkal, namun proses berbuah nya Jambu Madu Super Green ini sama dengan Jambu Madu Kesuma Merah yaitu mencapai 1 sampai 1,5 tahun terhitung sejak penanaman.

Dengan mengerti jenis-jenis jambu madu di atas, diharpkan saudara dapat mempertimbangkan untuk memilih jenis mana yang akan anda budidaya, dimana ketiga jenis di atau memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Baiklah jika kita sudah mengetahui jenis-jenisnya kali ini saya akan membahasnya secara rinci cara menanam atau membudidayanya, dan dari ketiga jenis jambu madu ini secara umum memiliki kesamaan cara penanaman dan perawatan, oke langsung saja kita mula untuk membahas nya di bawah ini :.

1. Media Tanam dan pH Tanah :
* Media ini sangat penting, dan media yang kita gunakan adalah POT dengan ukuran JUMBO, besar dan memiliki ukuran diameter 70 cm dan kedalaman 60 cm, atau biasa mengunakan polybag besar, usahakan memilih pot yang kuat dan tahan hingga 10 tahun atau bahkan lebih.

* Tanah terdiri dari campuran ( kompos dan sekam 50%) (Tanah 25%) dan (kompos 25%) campurkan tanah tersebut hingga benar-benar merata.

* Isi Pot yang sudah di sediakan di atas dengan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kompos atau organic (Tanah Humus), pupuk kandang memiliki kandungan zat hara yang terbilang cukup tinggi, sehingga ini akan sangat baik untuk tanaman dengan media pot, pupuk kandang yang super  biasanya memiliki warna hitam kecoklatan dan tidak berbau kotoran hewan , dan pastikan pupuk kandang sudah benar-benar masak, atau sudah tidak dalam tahapan fregmentasi lagi.

* Isi Pot dengan tanah humus hingga penuh tetapi jangan di padatkan,atau anda dapat mencampurnya dengan sekam padi atau sekam gergaji untuk menghindari kepadatan tanah, pot yang sudah terisi kompos tadi di biarkan terlebih dahulu hingga 1 minggu, agar tanahnya benar-benar terurai.

2. Cara Penanaman :
* Siapkan bibit jambu madu sesuai dengan yang anda inginkan, anda dapat membelinya di tempat-tempat budidaya tanaman buah, pastikan jenis jambu madu sesuai dengan yang anda inginkan, pilih bibit jambu madu yang memiliki usia 3-4 bulan agar proses berbuah lebih cepat.

* Berikutnya buatlah lubang sedalam 5-10 cm (sesuikan dengan besar dan kecilnya bibit yang akan di tanam) masukan di lubang yang sudah kita siapkan, lalu tanam bibit jambu madu yang kita tanam.

3. Perawatan Harian :
* Setelah kita tanam jangan lupa untuk menyiram nya secara teratur, lakukan perawatan pada daun dengan cara membasmi segala serangga atau hama yang mengganggu pertumbuhan nya, jika sudah mulai berbuah anda boleh membungkus buah tersebut menggunakan plastic bening ini untuk menghindari sengatan serangga, plastic bening tidak mengganggu sinar matahari yang di butuhkan tanaman ini.

4. Perawatan Bulanan :
Anda dapat menambahkan pupuk kompos setiap 2 bulan sekali , dan menggunakan Pupuk NPK, taburkan secukupnya di bawah pohon lakukan setiap 6 bulan sekali.

* (Rahasia Sukses) Anda juga dapat membuat pupuk cair sendiri menggunakan 100% bahan dasar pupuk NPK, cara membuatnya siapkan bak besar berisi 100 liter air,  campurkan 1kg NPK dan aduk hingga larut, lalu diamkan selam 12 jam, cara pemupukan di ambil bagian airnya yang bening, siramkan 1 liter per pot, dan cara ini di lakukan untuk tanaman jambu madu yang sudah berusia 6 bulan ke atas atau pohon jambu madu yang sudah mulai berbunga, cara ini akan membuat hasil produksi anda berbeda dengan yang lainnya,dan lakukan setiap 2 bulan sekali, jika sudah melakukan cara ini, anda tidak perlu lagi memupuk dengan sistem tabur.


5. Pemanenan :
* Silahkan Panen jambu madu yang sudah siap panen, cara memetiknya sebaiknya dengan cara memotong menggunakan gunting pada bagian pangkal tangkai buah, ini bertujuan untuk memunculkan tunas baru, yang berguna untuk memperlebat tanaman buah jambu madu ini.


Baik itulah tadi tentang Cara Sukses Budidaya Jambu Madu yang sudah saya sajikan di artikel saya kali ini, silahkan coba dan ikuti langkah dan petunjuknya dengan benar, saya jamin anda sukses untuk membudidaya buah jambu madu ini, selamat mencoba, semoga berhasil dan salam Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Rahasia Sukses Budidaya Jambu Madu 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel