Cara Sukses Budidaya Buah Tin atau Ara 2018

Cara Sukses Budidaya Buah Tin atau Ara

Buah Tin atau Ara dengan nama latin Ficuc Carica adalah tumbuhan sejenis buah yang berasal dari asia barat, dah buah ini dapat di makan, dan di Indonesia merupakan daerah yang memiliki tanah yang sangat subur, sehingga akan sangat cocok jika di tanami buah Tin atau Ara, tumbuhan buah Tin ini dapat tumbuh hingga ketinggian 15 sampai 25 Meter.

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin menanam buah Tin atau Buah Ara ini :

Penyesuaian Iklim dan pH Tanah :
1.   Ekologi dengan temperatur suhu 20-27oC
2.  Sinar Matahari langsung ± 8-10 jam, ini akan membantu proses perkembangan serta kematangan buah.
3.   Cocok di tanam di dataran rendah 800-1800 Meter diatas permukaan laut, dan ini cocok di iklim tropis seperti di Indonesia.
4.   Curah hujan sedang 500-500 mm, serta memiliki kelembaban tinggi.
5.  Kadar pH tanah yang cocok untuk tanaman Tin ini adalah tanah dengan pH 6.0 sampai 6.5.

Media Tanam :
Mengetahui kriteria tanah adalah hal penting, media tanam dapat menggunakan dua media yaitu Pot dan Non Pot, karena tanaman ini bisa tumbuh besar, anda dapat menggunakannya menggunakan dua media ini , yaitu terlebih dahulu menggunakan pot besar, dan jika tanaman buah Tin semakin besar dan pot tak lagi mampu menopang nya maka anda bisa memindahkan media tanah langsung, di bawah ini adalah cara penanaman buah Tin menggunakan media Pot atau Polybag.


Baca Juga :


Bibit Buah Tin
Agar lebih cepat bibit buah tin biasa kita beli langsung dari tempat-tempat penjual bibit tanaman, tidak ada salahnya kan kita berbagi rizky mudah-mudahan dengan sedikit yang kita berikan,Tuhan akan memberikan limpahan nikmat yang lebih besar, Amin.
Pilih bibit buah Tin yang sudah berusia 3 bulan dan memiliki ketinggian 50 cm atau lebih.

Media Pot atau Polybag :
1.   Siapkan Pot atau Polybag dengan ukuran besar diameter 50 cm dan tinggi 50cm, untuk jenis buah tin alangkah baiknya menggunakan Polybag saja karena jika tanaman buah tin isi sudah cukup besar, kita tidak kesulitan memindahnya ke tanah.
2.   Isi Polybag dengan 1/3 tanah, tanah yang kita gunakan adalah tanah yang subur dan memiliki kandungan zat hara tinggi, kita dapat menggunakan 50% tanah humus yang di campur dengan 40% pupuk kandang olahan sendiri,(Pupuk kandang yang sudah matang) untuk menghindari kepadatan tanah anda dapat mencampurnya dengan 10% jerami atau serbuk gergaji.
3.   Setelah tanah sudah di masukan pada media polybag yang sudah di siapkan, harap biarkan terlebih dahulu 3-5 hari.

Cara Menanam :
1.     Siapkan bibit yang berusia 2-3 bulan.
2.   Buat lubang di tengah polybag yang sudah kita siapkan, dengan kedalaman 10 -15 cm sesuaikan dengan besaran batang yang di tanam.
3.    Buka polybag bawaan bibit dengan perlahan, usahakan tanah jangan sampai rontok, agar akarnya tidak rusak, lalu masukan ke lubang yang sudah kita siapkan tadi.
4.   Tutup atau timbun akar dengan tanah bekas galian, setelah itu siraman pertama lakukan agak banyak, agar tanah membaur secara merata.

Perawatan :
1.  Perawatan tidak jauh berbeda seperti pada perawatan-perawa tanaman lain.
2.  Lakukan penyiraman secara berkala, perhatikan kondisi tanah tetap terjaga kelembabannya, jangan sampai tanah kering.
3.   Tambahkan pupuk NPK atau yang lain setiap 6 bulan sekali.
4.  Tambahkan pupuk kompos  yang sudah di campur dengan pupuk kandang setiap 2 bulan sekali.
5.   Lakukan perawatan terhadap hama.

Tindak Lanjut :
Jika tanaman tin sudah cukup besar, dan polybag sudah tidak mampu menopang semua akar nya , segeralah siapkan media baru yaitu di tanah dengan cara :
1.   Buatlah lubang dengan ukuran 1,5 m x 1,5m kedalam 70 cm, dengan cara ini akan menjadikan tanaman tin dapat tumbuh tinggi hingga 30 meter.
2.   Isi lubang dengan tanah humus yang sudah di campur dengan pupuk kandang.
3.  Buat lubang seukuran polybag buah tin yang akan kita pindahkan di lubang yang sudah kita siapkan.
4.   Pindahkan perlahan-lahan tanaman tin, dan padatkan.
5.   Selanjutnya lakukan pemupukan setiap 6 bulan sekali.

Demikianlah cara cara sukses budidaya buah tin atau ara yang saya sajikan pada artikel saya kali ini, semoga bermanfaat Salam Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Cara Sukses Budidaya Buah Tin atau Ara 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel