Alat Musik Tradisional Sumatra Utara “Aramba”

Musik Sumatra Utara “Aramba”

 image by cajon.web.id

METIF Media Edukatif-Sumatra Utara adalah daerah yang memiliki kekayaan sumberdaya alam serta beraneka ragam suku-suku, dengan demikian bermunculan pula berbagai alat music tradisional yang juga beraneka ragam,dan alat music tradisional biasanya di fungsikan sebagai alat untuk mengiringi lagu dan tarian, salah satu alat music khas Sumatra Utara adalah Aramba.

Aramba adalah alat music tradisional dari daerah Nias, alat music Aramba biasanya terbuat dari bahan logam, kuningan ataupun perunggu.
Aramba sepintas lalu memiliki bentuk yang hampir mirip dengan alat music bonang atau kenong dari jawa.

Aramba adalah jenis alat musik ritmis yang di mainkan dengan cara di pukul, bagian yang di pukul adalah pada bagian bulat dan menonjol di bagian tengah alat music Aramba. Saat pementasan Aramba biasanya di gantung pada tiang yang sudah di sediakan.

Aramba yang di gunakan oleh masyarakat secara umum memiliki ukuran diameter 40-50 cm, sedangkan aramba yang di gunakan oleh kaum bangsawan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar yaitu diameter 60- 90cm, selain alat music aramba Sumatra Utara juga masih memiliki jenis-jenis alat music tradisional yang alain, diantaranya adalah,Doli-Doli,Taganing,Druri Dana,Saune Bolon,Faritia,Panggora,Garantung,Ole-ole,Gonrang,Hapetan/Hasapi,Gordang,Gendang Sisibah dan Lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Sumatra Utara “Aramba” kali ini semoga bermanfaat. Salam METIF Media Edukatif.



AdSense

0 Response to "Alat Musik Tradisional Sumatra Utara “Aramba”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel