Ciri-ciri dan Keunikan Pakaian Adat Provinsi Bengkulu Baju Melayu Bengkulu

Baju Melayu Bengkulu

METIF Media Edukatif-Bengkulu  adalah salah satu bagian Provinsi yang ada di Indonesia. Pakaian adat Bengkulu adalah berupa Baju Melayu Bengkulu.
Baju Melayu Bengkulu adalah pakaian adat bercorak melayu tetapi cirikhasnya sedikit berbeda dengan baju pakaian adat melayu yang berada di daerah-daerah lain.

Pakaian adat Melayu Bengkulu terdiri dari beberapa model yaitu Pakaian Melayu Bengkulu pria dan wanita serta Pakaian Adat Melayu Bengkulu untuk penganatin pria dan wanita.

Baiklah mari kita bahas penjelasannya di bawah  ini ;

1.  Pakaian Adat Melayu Bengkulu Untuk Pria Bengkulu :
Adapun pakaian untuk Pria Bengkulu ini terdiri dari jas, sarung, celana panjang, serta alas kaki dan sebagai asesoris pelengkapnya adalah tutup kepala serta sebuah keris.


Jas yang pakai pada pakaian adat Bengkulu ini memiliki ciri-ciri berwarna gelap biasanya berwarna hitam atau biru tua serta bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini adalah menggunakan bahan bermutu tinggi seperti wol atau yang sejenisnya.


2.  Pakaian Adat Melayu Bengkulu Untuk Wanita Bengkulu :
Baju Melayu Bengkulu Untuk Wanita yang juga dikenal dengan sebutan Baju Kurung ini didesain dengan lengan panjang dan bahannya terbuat dari kain jenis beludru.


Keunikan Baju ini memiliki hiasan corak-corak bertabur yang juga di sulam dengan bahan benang emas berbentuk lempengan bulat mirip dengan uang logam.



Bahan kain beludru yang dipakai untuk membuat baju kurung pada umumnya memiliki warna merah tua, biru tua, dan hitam, dan sebagai pelengkap biasanya baju kurung dipadukan dengan sarung songket yang dihias dengan motif-motif tertentu, bahan membuat motif itu adalah benang sutra berwarna emas atau perak.



Selain Pakaian Adat Melayu Bengkulu disini juga akan saya bahas tentang pakaian adat Bengkulu yang biasanya dipakai oleh pengantin. Baju pengantin Bengkulu ini di desain lebih mewah bak seorang Raja dan Permaisuri.


Pakaian Pengantin Adat Melayu Bengkulu 

3.  Pakaian Adat Melayu Bengkulu Untuk Pengantin Pria :
Pakaian Adat Melayu Bengkulu Pengantin Pria ini terdiri dari berbentuk jas yang terbuat dari bahan beludru dan biasanya menggunakan warna-warna tua seperti warna hitam,biru tua dan biru tua. Pakaian ini juga menggunakan bertaburkan sulaman atau lempeng-lempeng seperti uang logam berwarna emas serta di padu dengan celana sebatas lutut dan kain songket juga disertakan pada pakaian ini, kain songket dililitkan pada bagian pinggang.


Sebagai asesoris pelengkap nya adalah perhiasan kalung bersusun dan mahkota dengan hiasan gunjai-gunjai, alas kaki dari bahan kain beludru dengan corak keemasan, seperti pakaian pengantin daerah lain, senjata tradisional sebilah keris juga turut melengkapi pakaian bagi pengantin pria melayu Bengkulu ini, asesoris dibagian tangan kanannya adalah gelang emas.


4.  Pakaian Adat Melayu Bengkulu  Untuk Pengantin Wanita :
Pakaian adat melayu Bengkulu untuk pengantin wanita juga terbuat dari bahan beludru warna gelap, hitam, biru tua dan merah tua, warna tersebut diserasikan dengan warna baju yang dipakai oleh pengantin pria .


Adapun asesorisnya adalah mahkota dengan warna keemasan serta perhiasan-perhiasan lainnya,  diantaranya adalah kalung bersusun, ikat pinggang, serta gelang emas yang dikenakan pada kedua tangan pengantin wanita Bengkulu, selain itu pengantin wanita juga dilengkapi dengan alas kaki berupa selop yang memiliki warna bercorak keemasan.


Nah itulah tadi artikel tentang Ciri-ciri dan Keunikan Baju Melayu Bengkulu kali ini semoga bermanfaat dan salam Metif Media Edukatif



AdSense

0 Response to "Ciri-ciri dan Keunikan Pakaian Adat Provinsi Bengkulu Baju Melayu Bengkulu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel