Mengenal Bunga Kantong Semar

Bunga Kantong Semar
Image by https://manfaat.co.id

Bunga Kantong Semar dengan bahasa latin Tropical Pitcher Plant adalah tumbuhan jenis semak belukar yang tumbuh di hutan-hutan, karena bunga kantong semar bentuknya unik dan menarik hal ini memberi daya tarik kepada orang untuk memeliharanya, dan mulailah banyak orang yang mengambili bunga ini untuk ditanam dirumah-rumah meraka, dan sebagian orang ada juga yang sukses dalam membudidaya tanaman Bunga Kantong Semar ini.

Kurang di ketahui secara pasti mengapa tanaman ini di sebut dengan istilah Bunga Kantong Semar, mungkin saja istilah itu disematkan untuk tanaman ini karena tanaman Bunga Kantong Semar bentuk fisik bunga ini mirip dengan lakon pewayangan Semar, ini hanya prediksi saya saja, untuk info lebih jelasnya anda bisa menanyakannya kepada pakar tanaman ini.

Terdapat lebih dari 130 sepecies jenis tanaman Bunga Kantung Semar ini dan tersebar hampir di seluruh wilayah Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, Australia, Madagaskar dan India.


Ciri-Ciri Bunga Kantong Semar
Image by Google.com

Bunga Kantong Semar memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari hijau, ungu, merah kuning dan lain-lain, Bunga Kantong Semar juga memiliki ciri dan keunikan pada bagian bunganya yang menggantung dan tangkainya menjulur dari bagian daunnya, daunnya juga berperan mengarahkan air yang berada daun menuju ke kantung nya, kantung berbentuk guci, yang dan berisi air yang jernih, air yang ada di dalam kantung semar ini boleh di minum secara langsung.
Bunga Kantong Semar tergolong jenis Insektivora karena selain memerlukan  zat hara dari tanah tanaman ini juga memakan serangga.

Bunga Kantong Semar memiliki 3 wujud kantong yaitu kantong roset kantong bagian bawah dan satu lagi kantong bagian atas, kantong bagian atas biasanya di miliki oleh Bunga Kantong Semar yang sudah dewasa, kantong bagian atas ini berguna untuk menangkap serangga seperti lalat, nyamuk laba-laba, belalang yang melintas di kantong nya.

Tanaman Bunga Kantong Semar dapat di tanam pada dua tipe iklim, ada jenis yang cocok di tanam di dataran tinggi da nada pula yang cocok di tanam di dataran tinggi, untuk menanam Tanaman Bunga Kantong Semar harus jenis Tanaman Bunga Kantong Semar harus disesuaikan dengan iklim setempat.

Nah itulah artikel tentang Mengenal Bunga Kantong Semar kali ini semoga menambah wawasan dan semoga bermanfaat, Salam Metif  Media Edukatif

AdSense

0 Response to "Mengenal Bunga Kantong Semar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel