Tari Campak Tari Khas Daerah Bangka Belitung

Tari Campak Dari Bangka Belitung

METIF Media Edukatif-Tari Campak adalah salah satu tari khas Bangka Belitung, Tari Campak biasanya di mainkan secara berpasangan antara penari pria dan wanita, tari ini menggambarkan sebuah keceriaan setelah melaksanakan acara panen padi di ladang, Tari Campak juga sering di jadikan sara hiburan bagi kalangan masyarakat Bangka Belitung.

Pola lantai Tari Campak adalah Pola Bebas, paduan antara beberapa pola lantai zig-zag, horizontal, vertikal , lingkaran serta setengah lingkaran


a.  Sejarah Tari Campak :
    Menurut para pakar seni tari di Bangka Belitung, merupakan tarian yang sudah ada sejak jaman penjajah portugis, pada saat itu bangsa portugis berada di wilayah Bangka Belitung, yaitu kisaran tahun 1512 sampai 1575, dengan kedatangan bangsa Portugis ini maka terjadilah sebuah Akulturasi Budaya Eropa dengan Budaya local Bangka Belitung, hal ini tercermin pada pakaian yang di kenakan saat pementasan Tari Campak ini, terlihat kostum yang di gunakan memiliki corak Eropa, Para penari Tari Campak memakai kolaborasi adat Melayu Bangka dan Eropa Portugis. dan sepatu yang dipakai juga memiliki model hak tinggi, selain itu alat musiknya juga ada yang berasal dari eropa yaitu alat music AKORDION.

b.   Nilai-nilai Adat Dan Buday Tari Campak :
Tari Campak masih menganut nilai-nilai Budaya Melayu Bangka. Nilai-nilai tersebut tercermin pada budaya berbalas pantun berirama yang dilakukan di sela sela pementasan tarian yang di bawakan oleh para penari laki-laki atau yang di sebut Penandak, dan penari perempuan disebut Nduk Campak.

c.   Pementasan Tari Campak :
Pementasan Tari Campak di lakukan oleh kaum laki-laki dan perempuan, tarian di bawakan dengan lincah penuh semangat mengikuti music pengiring, terjadi balas pantun di sela-sela pertunjukan tari campak ini sebagai salah satu ciri budaya melayu, tari campak biasa di tampilkan saat acara-acara adat maupun acara hiburan masyarakat Bangka Belitung, para penonton atau hadirin boleh ikut menari tarian ini.

d.  Musik Pengiring Tari Campak :
Tarian Tari Campak di iringi dengan musik tradisional khas melayu Bangka Belitung, dan di kolaborasi dengan alat music eropa Akordeon yang dahulu di bawa oleh bangsa portugis.

Itulah tadi artikel tentang Tari Campak Tari Khas Daerah Bangka Belitung kali ini semoga bermanfaat, salam Metif Media Edukatif.


AdSense

0 Response to "Tari Campak Tari Khas Daerah Bangka Belitung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel