Pakaian Adat DKI Jakarta atau Betawi Koko dan Baju Kurung

Pakaian Adat DKI Jakarta atau Betawi  Koko dan Baju Kurung
gambar dari google

METIF Media Edukatif-Masyarakat Suku Betawi Adalah masyarakat asli yang bermukim di wilayah Ibu Kota Negara Kita, dan pada posting kali ini admin akan membahas tentang pakaian adat yang ada di daerah Ibu Kota ini, yaitu DKI Jakarta, sebab keberadaan pakaian adat juga merupakan salah satu representasi kebudayaan yang memiliki nilai tinggi di setiap masing-masing daerah.

Pakaian adat Betawi yang kita kenal sekarang ini merupakan pakaian adat yang lahir melalui beberapa fase peradaban yang telah berlalu, dimana kebudayaan asing juga turut mempengaruhi lahirnya pakaian-pakaian adat di beberapa daerah, dan salah satunya juga tercermin pada pakaian tradisional adat Betawi ini, di mana menurut sejarah pakaian adat Betawi juga dipengaruhi dari beberapa kebudayaan dari budaya Arab, China, Melayu dan Budaya Eropa.

Pengaruh tersebut dapat dijumpai pada busana pengantin serta pakaian keseharian yang dipakai oleh masyarakat suku Betawi .
Berikut penjelasannya ;

1.     Pakaian Sehari-hari Untuk Pria Betawi
Pakaian Adat yang di pakai oleh kaum pria Betawi dalam kehidupan sehari-hari atau dalam keseharian adalah berupa baju koko atau Sadariah yang memiliki warna polos, serta dipadu dengan pakaian bawahan celana kolor panjang yang memiliki corak motif batik, sedangkan penggunaan warna juga terbilang tidak begitu mencolok, yaitu menggunakan warna hitam, putih, dan coklat, dan sebagai perlengkapan pakaian Sadariah ini adalah kain selendang berwarna putih yang biasanya di letakkan pada bagian bahu, sebagai pelengkap penutup kepala adalah menggunakan peci berwarna hitam yang terbuat dari bahan kain bludru.

2.     Pakaian Sehari-hari Untuk Wanita Betawi
Pakaian keseharian kaum wanita Betawi adalah berupa Baju kurung yang di desain dengan warna cerah, bisa merah, kuning,putih, orange dan lain-lain, sedangkan sebagai pelengkap di bagian penutup kepala adalah berupa selendang atau kain semacam jilbab dengan warna di sesuaikan dengan warna baju yang dipakai.
Pakaian Pengantin Betawi
gambar dari dari google


1.     Pakaian Pengatin Pria Betawi
Pakaian pengantin Pria suku Betawi bernama Dandanan Care Haji, busana ini berupa jubah dengan warna yang cerah dan bahan pembuatannya adalah kain bludru, untuk bagian dalam atau kaos dalem berwarna putih dan biasanya terbuat daru katun halus, sebagai penutup kepala adalah menggunakan penutup kepala Alpie, alpie ini semacam sorban, serta mengunakan selendang berhiaskan motif manik-manik, agar pakain adat pengantin pria Betawi ini tampak serasi maka penggunaannya di lengkapi dengan alas kaki sepatu pantofel.

2.     Pakaian Pengatin Wanita  Betawi
Sedangkan busana pengantin untuk kaum wanita nya adalah mengunakan busan yang memiliki model seperti baju china, bahan pembuatannya dari bahan satin berwarna cerah, busana tersebut dikenal dengan nama busana rias besar, dandanan care none pengantin cine.

Dan pakaian pengantin wanita Betawi ini biasanya dipadukan dengan bawahan berupa rok atau, modelnya seperti putri duyung, dengan warna gelap.

Dan asesoris pelengkap di bagian kepala adalah cadar penutup muka, sanggul buatan, yang berhiaskan bunga goyang dengan motif burung hong,bunga melati,serta bunga sebuah sisir, sedangkan perhiasan lain adalah  berupa asesoris kalung lebar, gelang listring, hiasan manik-manik berbentuk bunga teratai yang di letakkan di bagian dada, serta alas kaki berupa selop yang di desain mirip seperti perahu.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang pakaian adat yang berasal dari DKI Jakarta atau Betawi, mohon maaf bila ada kekurangan, semoga bermanfaat dan salam Metif, Media Edukatif



AdSense

0 Response to "Pakaian Adat DKI Jakarta atau Betawi Koko dan Baju Kurung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel