Pakaian Tradisional Provinsi Papua Dan Papua Barat Koteka

Pakaian Tradisional Koteka

METIF Media Edukatif-Papua dan Papua Barat adalah dua Provinsi yang masuk dalam 34 Provinsi di Indonesia, mengapa di sini saya membahas dua sekaligus, karena antara Papua dan Papua Barat memiliki kesamaan pada pakaian adatnya.

Pakaian adat papua di kenal sangat unik dan sederhana, dan terbuat dari bahan alami yang banyak ditemukan di Provinsi Papua atau Papua Barat.

Pakaian adat Papua dan Papua Barat terbagi menjadi 3 kelompok, dimana pada artikel saya kali ini akan membahas ketiganya, seperti yang kita ketahui bahawa dahulu masyarakat papua dikenal bermukim didaerah-daerah yang terisolir jauh dari keramaian kota, di Papua moderenisasi berkembang sangat lambat, hal tersebut memicu pola hidup masyarakat Papua menjadi hidup serba sederhana, dan kebanyakan dari mereka memanfaatkan I00% bahan alam sebagai kebutuhan baik itu pangan maupun pakaian.

Hal ini tampak pada beberapa pakaian adat yang di pakai oleh masyarakat papua atau papua barat yang masih berada di daerah-daerah pedalaman.
Pakaian tersebut kita kenal dengan Nama Koteka

 1.     Koteka Pakain Untuk Kaum Pria Papua
 gambar dari google

Koteka adalah jenis sandang atau pakaian yang dipakai khusus untuk kaum laki-laki papua, adapun bahan dasar dari koteka ini adalah kulit buah labu air yang sudah tua, dan di jemur hingga kering, memilih labu air yang sudah tua karena bahan koteka bisa lebih awet.

Koteka ini adalah pakaian yang di gunakan pada kehidupan sehari-hari masyarakat Papua atau Papua Barat, dan sering juga dikenakan pada acara upacara adat, cara memakai koteka ini dengan cara mengikat koteka dengan tali kemudian koteka diposisikan di depan lalu tali pengikat koteka diikat ke bagian pinggang, posisi koteka mancung kearah atas, koteka juga di lengkapi dengan beberapa ornament ukiran khas etnik papua. Ukuran koteka yang dipakai saat upacara adat memiliki ukuran panjang, sedangkan yang digunakan pada saat bekerja adalah koteka dengan ukuran yang agak pendek.

Koteka khas papua ini sangat unik dan fenomenal di kalangan dunia, sehingga banyak pelancong dari manca Negara yang membeli koteka ini sebagai cindra mata dari papua Indonesia.


2.     Rok Rumbai Pakain Untuk Kaum Wanita Papua
 gambar dari google

Selain koteka, di papua juga ada pakaian yang di kenakan oleh kaum wanita, yaitu Rok Rumbai, pakaian rok rumbai adalah pakaian dalam bentuk rok yang berguna untuk meutupi bagian bawah, rok rumbai terbuat daun sagu yang sudah kering dan disusun menjadi bentuk rok, pada rok rumbai ini biasanya dihiasi dengan ijuk, bulu burung kasuari.

Pakaian khas papua pada umumnya hanya bagian bawah saja, tidak di lengkapi baju, hal ini berlaku baik untuk pakaian untuk kaum laki-laki ataupun untuk kaum perempuan, hanya saja orang-orang papua menyamarkan badan bagian atas dengan melukis badannya menggunakan warna-warna alami, gambar-gambar tersebut berupa gambar-gambar alam sekitar khas papua.

  3.     Aksesoris Pakaian Adat Papua
 gambar dari google

Selain Rok Rumbai dan Koteka masyarakat suku papua asli juga mengenal beberapa Aksesoris kecantikan yang Di pakai saat menggunakan pakaian adat mereka, Aksesoris yang digunakan sebagai perhiasan itu juga berasal dari bahan alam, diantaranya adalah manik-manik yang terbuat dari bahan kulit kerang, taring babi yang biasanya di lekatkan di bagian antara hidung, sebagai kalungnya adalah manik-manik dari bahan gigi anjing, dan tasnya terbuat dari kulit kayu, tas ini biasanya digunakan sebagai wadah sayuran atau umbi-umbian, membawanya dengan diletakkan di atas kepala.

Demikianlah artikel tentang pakaian Tradisioanal Provinsi Papua Dan Papua Barat Koteka kali ini, semoga bermanfaat, dan salam Metif Media Edukatif


AdSense

0 Response to "Pakaian Tradisional Provinsi Papua Dan Papua Barat Koteka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel