Tari Khas Provinsi Riau Tari Tandak

Tari Khas Riau Tari Tandak
Image by http://pontianak.tribunnews.com

METIF Media Edukatif-Tari Tandak atau danding Juga merupakan tari tradisional khas Provinsi Riau, tari tandak di bawakan juga dengan nyanyian, bentuk tarian atau nyanyiannya adalah berupa saling balas pantun yang di bawakan oleh penari pria dan wanita. Tema pantun yang di lagukan berkaitan dengan apa yang ada di bumi serta tentang perilaku atau kehidupan manusia serta pesan-pesan moral lainnya.

Tari Tandak merupakan memiliki dua unsur seni yang terpadu, adapun kedua unsur seni tersebut adalah unsur seni tari dan sastra, Tari Tandak adalah tarian yang awalnya berasal dari budaya Minang Kabau, dimana tari ini di daerah Sumbar merupakan kesenian tari yang mengandung unsur bela diri.

Tari Tandak memiliki pola lantai campuran, antara lingkaran, lurus dan zig-zag, gerakan Tari Tandak diawalai dengan semua peserta tari membentuk sebuah lingkaran antara peserta satu dengan yang lain saling berpegangan pundak, gerakan di lanjutkan dengan melangkahkan kaki serta menghentakkannya ke lantai atau tanah.

Pementasan Tari tandak biasanya di ikuti oleh seorang kepala ngejang yang berposisi berdiri di tengah-tengah peserta tari sambil memegang alat music yang terbuat dari bahan besi atau perunggu yang memiliki nama giring-giring, kepala ngejang bertugas memberikan irama pada gerak tari Tandak ini.

Tari Tandak juga menjadi salah satu pergelaran seni tari yang bertujuan untuk saling mempertemukan kaum muda dan mudi, dan tak khayal banyak pasangan muda-mudi yang pada akhirnya menikah dan pertemuan mereka bermula dari menyaksikan atau menjadi peserta pementasan Tari Tandak ini.

Tari Tandak juga juga memiliki makna sebuah ikatan yang terjalin antar sahabat-sahabat yang memiliki kampung berbeda,selain itu tari tandak juga memberikan kesan aman di sebuah kampung, semua peserta tari bebas memilih pasangannya masing-masing, karena tarian ini bersifat hiburan , sehingga tarian ini dapat di ikuti oleh semua kalangan, baik tua muda bahkan anak-anak.

Tari Tandak biasanya di tampilkan secara berpasangan antara penari pria dan wanita, penari bisa terdiri dari lima pasang atau lebih, busana yang di kenakan pun merupakan busana khas melayu, penari melakukan gerakan tari ini sambil di iringi music pengiring yang khas serta lantunan syair pantun yang saling berbalas.


Pakaian khas yang biasanya dikenakan oleh penari tandak adalah pakaian tradisional melayu, untuk penari laki-laki memakai celana panjang serta baju dengan lengan panjang dan di lengkapi dengan kain songket yang diikatkan atau di pakai di bagian pinggang, serta di bagian kepala menggunakan peci sebagai penutup kepala, sedangkan untuk penari perempuan, menggunakan kebaya dengan bagian bawah menggunakan kain panjang, selain itu kaum wanita di lengkapi dengan berbagai perhiasan atau pernak-pernik yang di kenakan di bagian penutup kepala, gelang tangan, kalung cincin dan lain-lain.

Perkembangan Tari Tandak masih tetap bertahan dan lestari, seiring perkembangannya tari tandak juga di tambah dengan beberapa variasi gerakan yang menjadikan tari tandak menjadi semakin menarik, dan tari tandak ini juga masih sering di tampilkan pada acara-acara seperti penyambutan, perayaan acara daerah, serta festival budaya dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang Tari Khas Provinsi Riau Tari Tandak kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Edukatif.




AdSense

0 Response to "Tari Khas Provinsi Riau Tari Tandak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel