Resep Membuat Nasi Manih atau Nasi Manis Khas Melayu Riau

Nasi Manih atau Nasi Manis Khas Melayu Riau

Nasi Manih atau Nasi Manis ini merupakan salah satu makanan Khas dari provinsi Riau, adapun bahan utama dari pembuatan nasi manih ini adalah beras pulut yang proses pemasakannya di lakukan di sebuah periuk dan di masak menggunakan gula merah dari bahan enau kelapa, secara ekonomi makanan ini sudah banyak di temukan di mini market maupun di supermarket, kendati demikian jika di lingkungan masyarakat riau jenis makanan ini hanya di buat saat momen momen tertentu saja, misalnya saat upacara khitanan, pernikahan dan juga hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri atau pun Idul Adha.

Nah seperti apakah cara pembuatan Nasi Manih atau Nasi Manis Khas Riau ini, berikut yang perlu anda siapkan saat akan membuatnya :


Bahan :
1. 1 Kg beras pulut.
2. 1/2 kg gula enau atau gula merah.
3. Santan kelapa 2 buah kelapa.
4. Air secukupnya.


Cara Membuat :

1. Beras putih pulut dicuci hingga bersih.
2. Masak beras pulut menggunakan periuk hingga lunak, setelah masak lalu angkat dan didinginkan di sebuah wadah.


3. Seanjutnya tuangkan santan kelapa kedalam kuali lalu biarkan hingga mendidih, usahakan santan tidak banyak mengandung air.

4. Setelah santan yang direbus telah mendidih maka lanjutkan dengan memasukan gula enau yang telah disiapkan tadi, sambil di aduk sampai benar-benar rata.
5. Selanjutnya masukan nasi pulut tadi dan aduk lagi hingga tercampur rata.
6. Setelah 45menit angkatlah dan dinginkan maka Nasi Manih siap di hidangkan


Cara Penyajian :
Nasi manih yang telah jadi sebaiknya di letakkan di sebuah wadah yang cukup lebar, selanjutnya ratakan nasi manih tersebut sekitar setebal 2 cm kemudian di potong-potong sesuai dengan selera, orang melayu riau umumnya meletakkan nasi manih ini di daun upih atau daun pisang, jika di simpan dengan benar maka nasi tersebut dapat bertahan hingga beberapa hari, potongan yang sudah jadi daoat dihidangkan saat momen - momen tertentu.
AdSense

0 Response to "Resep Membuat Nasi Manih atau Nasi Manis Khas Melayu Riau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel