Pengertian Serta Cara Penerapan Literasi Di Jenjang Sekolah Dasar

Sahabat Media Edukatif dimanapun berada, Literasi adalah serangkai kegiatan yang mana di dalamnya terdapat unsur-unsur informasi atau pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai sarana menambah wawasan dan pengetahuan secara individu.
Literasi berasl dari bahasa inggris yaitu "Letter" yang identik dengan membaca aksara dan berhitung, tapi berdasarkan perkembangannya tidak terbatas membaca, menulis atau menghitung saja, melainkan bisa saja melalui tayangan audio mendengar ceramah, video melihat secara visual kemudian mendefinisikan setiap apa yang ditangkap atau di terima yang selanjutnya menerapkannya di lingkungan Keluarga, Masyarakat atau Negara, literasi bersifat dinamis kopleks dan dapat ditafsirkan serta di definisikan secara berkelanjutan.


Ada beberapa cara penerapan literasi di jenjang sekolah dasar yang kami lakukan di sekolah tempat kami mengajar, diantaranya sebagai berikut :


1.     Literasi yang dilakukan di luar kelas, dengan metode ceramah dan dilakukan secara masal, seperti layaknya Apel pagi, tetapi pelaksanannya hampir setiap hari 15 menit sebelum memulai jam efektif, dan hal ini tidak akan mengganggu aktifitas di jam belajar, di sekolah tempat saya mengajar, narasumber dibawakan oleh para dewan guru secara bergantian, di tengah-tengah kegiatan ini guru memberi beberapa materi dengan tema yang berbeda dengan hari sebelumnya, dengan tujuan semua siswa akan mendapatkan tambahan pengetahuan baru, bayangkan saja jika dalam satu hari satu pengetahuan, jika 30 hari sudah berapa pengetahuan yang di peroleh anak didik? jika satu tahun ? tentu sangat banyak sekali ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan literasi ini, di lain kesempatan kita juga dapat melibatkan tokoh-tokoh yang ada di lingkungan masyarakat untuk di jadikan narasumber, bisa saja kita meminta kesediaan Kepala Desa, Lurah, Camat , Kepolisian dan lain-lain untuk menyampaikan hal-hal penting kepada anak didik kita melalui kegiatan literasi di sekolah.


2.     Literas di ruangan kelas, mencakup kegiatan membaca, mengingat dan menulis, yang sering kami laksanakan adalah pada 15 menit sebelum jam belajar di mulai, yang kami lakukan adalah meminta siswa membaca satu buku yang telah di sediakan di sudut baca, buku yang kami sediakan adalah buku-buku bacaan yang relevan dan sesuai dengan jenjangnya, diantaranya buku dongeng nusantara, cerita si kancil, Kisah 25 Nabi dan lain-lain, kami beri waktu 10 menit untuk membaca dan memahami beberapa pengetahuan, dan setelah itu buku di kembalikan di tempat semula,selanjutnya siswa diberi waktu 5 menit untuk menulis di sebuah buku khusus untuk kegiatan ini, adapun yang ditulis adalah pengetahuan baru yang mereka dapatkan dari membaca buku dihari ini. Setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda-beda sehingga jawaban pun terlihat beraneka ragam, ada yang menulis secara rinci, ada yang putus putus, ada yang jawaban sedikit tapi jelas dan lain-lain, metode ini saya rasa sangat bagus untuk mengetahui sejauh mana kemampuan daya tangkap yang di miliki tiap-tiap peserta didik, sekaligus bisa dijadikan catatan jurnal dari setiap anak yang selanjutnya di jadikan acuan untuk melakukan upaya-upaya tindak lanjut bagi siswa yang dirasa agak tertinggal.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa metode yang kami terapkan di sekolah kami, lalu bagaimana yang anda lakukan di sekolah anda? silahkan berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini, sehinga kami juga dapat mengetahui metode apasih yang sangat nyaman untuk mendukung kegiatan literasi ini, silahkan berikan tanggapan ataupun saran-saran ada, semoga jawaban yang anda berikan menjadi referensi baru bagi saya, terima kasih semoga bermanfaat.

AdSense

0 Response to "Pengertian Serta Cara Penerapan Literasi Di Jenjang Sekolah Dasar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel